Penggunaan Metode Multiple Ring Buffer Untuk Pemodelan Spasial Area Terdampak Ledakan Jaringan Pipa Minyak Dan Gas Di Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu

  • Reza Rahmat Djunaedi Junyar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lili Somantri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Iwan Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Multiple Ring Buffer, Ledakan, Pemukiman, Zonasi.

Abstract

Banyaknya  instalasi jaringan pipa minyak dan gas bawah tanah di Indonesia memiliki potensi bencana gagal teknologi yaitu potensi ledakan sesuai dengan tingkat risikonya. Untuk itu, tujuan artikel ini mengkaji pemodelan spasial area terdampak ledakan jaringan pipa minyak dan gas di Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu. Pada penelitian ini digunakan metode analisis Multiple Ring Buffer sebagai analisis spasial. Teknik yang digunakan untuk memodelkan besaran dan luasan area pemukiman terdampak terhadap potensi ledakan pipa, dengan membuat peta sebaran wilyah terdampak potensi ledakan dengan memperhatikan besaran elemen risiko terkait kerugian. Dari proses analisis dilakukan zonasi pada wilayah terdampak yang diatributkan berdasarkan pewarnaan. Hasil menunjukkan daerah zona berwarna merah terdapat empat desa yang masuk dalam radius 100 meter dari pipa gas, yaitu Desa Jayawinangun, Desa Kedokan Agung, Desa Kedokanbunder, dan Desa Kedokan Wetan. Sedangkan untuk pemukiman yang masuk dalam wilayah zona warna kuning dan warna hijau radius 300 dan 500 meter dari pipa gas terdapat lima desa, yaitu Desa Jayawinangun, Desa Cangkingan, Kedokanagung, Desa Kedokanbunder, dan Desa Kedokanwetan. Selanjutnya tingkatan eskalasi untuk potensi ledakan dijadikan acuan untuk menentukan radius  dan zonasi area terdampak yaitu berat, sedang, dan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adil, A. (2016). Analisa Spasial Pemetaan Lokasi Wisata Agro. Jurnal Matrik, 16(1), 1–11.

Andreva, V. (2010). Studi Ketersediaan Lokasi Perumahan Kawasan Perkotaan Sragen Tahun 2028. Diambil kembali dari Digilib UNS web site: http://www.digilib.uns.ac.id

Aqli, W. (2010, Desember). Analisa Buffer dalam Sistem Informasi Geografis untuk Perencanaan Ruang Kawasan. Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, VI(2), 192-201.

Dahlia, S., Rosyidin, W. F., & Nurbudiansah, A. D. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemetaan Bahaya Banjir Menggunakan Pendekatan Multi Disiplin di Desa Renged Kecamatan Binuang Kabupaten Serang. Jurnal Geografi Edukasi dan Lingkungan, I(1), 48-56.

Dahlia, S., Rosyidin, W. F., Ramadhan, A., Haryadi, Anwar, K., Ersantyo, D., … Zahroh, A. A. (2019). Pemetaan Kerawanan Kebakaran Menggunakan Pendekatan Integrasi Penginderaan Jauh Dan Persepsi Masyarakat Di Kecamatan Tambora Jakarta Barat. Jurnal Geografi, 11(1), 108–123.

Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis : Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: Digibooks.

Pradana, R. K., & Dwiyanti, E. (2013). Hydrogen Recovery Unit (HRU) dan Prioritas Risiko Kegagalan Komponen Pipa Gas Hidrogen di PT Petrokimia. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, I(1), 10-19.

Rosyidin, W. F., Sribrotopuspito, K., Sunarto, Pambudi, P., Dahlia, S., & Wisesa, A. (2016). Kajian Dampak Bahaya Kegagalan Teknologi PLTU-PLTGU Terhadap elemen Berisiko di UP Muara Karang. Geo Edukasi.

Syamsir, & Daramussseng, A. (2018). Analisis spasial efektivitas fogging di wilayah kerja puskesmas markoman, kota samarinda. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (JNIK), 1, 1–7.

Utami, T. S., & Sedjati, S. (2014). Studi Penggunaan Kitosan Terhadap Penurunan Kadar Amoniak Pada Limbah Cair Kilang Minyak OIB Pertaminan RU VI Balongan Indramayu. Journal of Marine Research, III(1), 20-26.

Wijaya, A. P., Wahyutomo, P. K., & Suprayogi, A. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Persebaran Kantor POS di Kota Semarang dengan Google Maps API. Jurnal Geodesi Undip, 70-80.

Published
2020-07-25
How to Cite
Djunaedi Junyar, R. R., Lili Somantri, & Iwan Setiawan. (2020). Penggunaan Metode Multiple Ring Buffer Untuk Pemodelan Spasial Area Terdampak Ledakan Jaringan Pipa Minyak Dan Gas Di Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 4(2), 68-75. https://doi.org/10.29405/jgel.v4i2.5119