Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana pengaruh transaksi jual beli yang dilakukan melakui platform marketplace facebook apakah dapat memberikan pengaruh terhadap kemajuan ekonomi umat, karena dewasa ini penggunaan teknologi informasi serta internet sangat berpengaruh dalam berbagai lini kehidupan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan Google Scoolar dan Sinta untuk mencari junal serta website yang memberikan informasi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Hasil analisa ini menunjukkan bahwa bentuk transaksi dengan menggunakan marketplace facebook ini dapat memberikan kemudahan dan efesien karena penjualan secara digital tidak terbatas oleh jarak dan waktu serta bisa mencapai secara global. Dilihat dari total pengguna facebook di Indonesia menjadi peluang yang sangat besar dan strategis bagi umat dalam memajukan ekonomi, dengan cara memanfaatkan marketplace facebook sebagai tempat untuk memasarkan produk dan bertransaksi jual beli dan selama transaksi jual beli yang dilakukan sesuai dengan syarat dan rukunnya serta dilakukan secara online menggunakan matketplace facebook maka transaksi jual beli itu akan sah dan sesuai dengan ketentuan hukum Islam.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).