Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam pada unit-unit usaha organisasi kemasyarakatan dan urgensinya bagi kelangsungan unit-unit usaha tersebut, berdasarkan persepsi pelaku dan konsumen, dengan mengambil studi kasus pada unit-unit usaha yang berada di lingkungan DPP Wahdah Islamiyah di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam berupa tauhid, keadilan, amanah dan kebajikan, secara umum telah diterapkan pada unit-unit usaha di lingkungan DPP Wahdah Islamiyah di Kota Makassar. Selain itu, etika bisnis Islam yang diterapkan mempunyai urgensi yang besar dalam pengelolaan dan pelayanan unit usaha, termasuk sebagai salah satu faktor yang dapat membawa keberkahan, menciptakan lingkungan kerja yang adil, inklusif, bermartabat dan sesuai dengan syariat Islam, meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pihak lain sehingga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan, meningkatkan dan memberikan pelayanan prima kepada semua pihak karena etika tersebut dapat menunjang pengelolaan bisnis sesuai dengan pedoman pelayanan perusahaan, SOP dan aturan yang telah disepakati.
Kata kunci: Etika, Bisnis, Islam, Wahdah Islamiyah
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).