Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam pada unit-unit usaha organisasi kemasyarakatan dan urgensinya bagi kelangsungan unit-unit usaha tersebut, berdasarkan persepsi pelaku dan konsumen, dengan mengambil studi kasus pada unit-unit usaha yang berada di lingkungan DPP Wahdah Islamiyah di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam berupa tauhid, keadilan, amanah dan kebajikan, secara umum telah diterapkan pada unit-unit usaha di lingkungan DPP Wahdah Islamiyah di Kota Makassar. Selain itu, etika bisnis Islam yang diterapkan mempunyai urgensi yang besar dalam pengelolaan dan pelayanan unit usaha, termasuk sebagai salah satu faktor yang dapat membawa keberkahan, menciptakan lingkungan kerja yang adil, inklusif, bermartabat dan sesuai dengan syariat Islam, meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pihak lain sehingga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan, meningkatkan dan memberikan pelayanan prima kepada semua pihak karena etika tersebut dapat menunjang pengelolaan bisnis sesuai dengan pedoman pelayanan perusahaan, SOP dan aturan yang telah disepakati.


Kata kunci: Etika, Bisnis, Islam, Wahdah Islamiyah

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Azwar, A., Mulyawan, A. W., & Usman, A. H. (2024). ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN URGENSINYA PADA UNIT-UNIT USAHA ORGANISASI KEMASYARAKATAN. Ekonomi Islam, 15(2), 169–196. https://doi.org/10.22236/jei.v15i2.12978