Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Mata Pelajaran IPS Di SDN Grogol Utara 03 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v4i2.17954Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model
pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis
mata pelajaran IPS di SDN Grogol Utara 03 Pagi Jakarta Selatan tahun
pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian
adalah kelas 5 sebanyak 40 siswa. Dengan sampel untuk kelas eksperimen
sebanyak 20 siswa dan sampel kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain
faktorial 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes
hasil belajar IPS dan angket motivasi belajar siswa. Analisis terdiri dari
pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan
uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji
ANOVA ada dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis data
dilakukan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh
model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran
IPS (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah (3) adanya
pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar
terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS. Secara umum,
disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match dan Picture and Picture berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novisari Dwi Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License