PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI HABITUASI KEGIATAN INTRAKURIKULUR DAN EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK MIN 01 ALOR
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v4i2.17953Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan
karakter religius melalui habituasi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler
peserta didik MIN 1 Alor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Kualitatif deskripsi dengan pendekatan Studi kasus. informan pada penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru kelas 4, 5, dan 6, siswa kelas 4, 5, 6 dan orang tua
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi.
Pada tahap ini peneliti melakukan pengumpulkan data penelitian. Data primer
dalam bentuk observasi untuk melihat secara langsung keadaan, suasana,
kenyataan, yang terjadi di sekolah MIN 01 Alor. Wawancara mendalam dilkakukan
dengan mewawancarai informan dengan memberikan pertanyaan terbuka.
Sementar data sekunder didapatkan dari dokumen -dokumen, arsip dan data
pendukung lainnya yang berada dilingkungan sekolah MIN 01 Alor.
penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan pendidikan Karakter Religius
melalui Habituasi Kegiatan Intrakurikuler dan Esktrakurikuler dapat berjalan
dengan baik, lancar dan membuahkan hasil apabila semua komponen baik itu
Kepala Sekolah, guru dan orang tua dapat bekerja sama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jamra Lapung, Arum Fatayan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License