Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Penguatan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v4i2.17951Abstract
Penelitian ini membahas implementasi habituasi profil pelajar pancasila dalam penguatan pendidikan karakter SDN Jayasakti 02 kecamatan Muaragembong, karena pentingnya pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini, mulai dari jenjang sekolah dasar, implementasi ini sesuai dengan visi sekolah, yaitu terwujudnya siswa yang berkarakter, budaya sekolah, berbasis lingkungan dan berbasis teknologi. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan habituasi profil pelajar Pancasila dalam penguatan pendidikan karakter, bahwa: (1). Implementasi habituasi profil pelajar pancasila di SDN Jayasakti 02, sesuai implementasi habituasi melalui enam dimensi profil pelajar pancasila (2). Strategi implementasi habituasi profil pelajar pancasila dalam penguatan karakter yang dilakukan oleh sekolah yaitu dengan membentuk tim koordinasi pelaksanaan program habituasi profil pelajar Pancasila sebagai forum diskusi, kolaborasi dan berefleksi.(3). Respon peserta didik, mendapatkan umpan balik yang positif dari peserta didik. Kesimpulannya implementasi habituasi yang dilakukan sudah berjalan dengan baik melalui strategi kolaborasi sehingga mendapatkan umpan balik positif dari peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ade Susilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License