Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Minat Baca terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 9 Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v4i1.17950Abstract
Hasil belajar dan minat baca dipengaruhi secara fundamental oleh pola asuh orang tua, yaitu pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif yang memiliki prinsip-prinsip berbeda dalam membimbing siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara tiap-tiap jenis pola asuh terhadap minat baca dan hasil belajar siswa kemudian dirumuskan dalam sepuluh hipotesis.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif dengan desain Cross Sectional Survey. Data pola asuh dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner tertutup pada orang tua/wali siswa, data minat baca dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner tertutup pada siswa, dan data hasil belajar diperoleh dari hasil formatif mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan PKN. Data yang terkumpul selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dan uji hipotesis.
Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara: (1) minat baca dengan hasil belajar; (2) pola asuh otoriter dengan hasil belajar; (3) pola asuh demokratis dengan hasil belajar; (4) pola asuh demokratis dengan minat baca; (5) pola asuh demokratis dan minat baca secara bersama-sama dengan hasil belajar; dan (6) pola asuh permisif dan minat baca secara bersama-sama dengan hasil belajar. Selain itu, perlunya pola asuh yang baik dan minat baca yang tinggi guna meningkatkan hasil belajar, dengan pola asuh demokratis sebagai pola asuh yang lebih efektif untuk diterapkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuning Setyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License