PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV

Authors

  • Fildha Widiaswara Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22236/injope.v4i2.17949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
Mind Mapping dan metode Ekspositori terhadap hasil belajar IPA, pengaruh
Kemandirian Belajar terhadap hasil belajar IPA dan interaksi antara penerapan
metode pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA.
Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan
treatment by level 2x2. Uji validitas yang digunakan menggunakan rumus
mengggunakan Product Moment dan uji reliabilitas dengan Korelasi Alpha
Cronbach. Menghitung Uji Normalitas distribusi masing-masing kelompok
menggunakan uji Chi-Kuadrat, uji homogenitas varians dengan uji Barlett , uji
hipotesis dengan ANAVA 2 Faktor pada taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Tugu Utara 21 Pg pada semester genap 2018/2019. Sampel
yang diteliti sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa untuk kelas eksperimen
dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Dari hasil Penelitian diperoleh rata-rata hasil
belajar IPA yang di ajar dengan metode pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi
dari pada siswa yang di ajar dengan metode pembelajaran Ekspositori. Siswa yang
memiliki kemandirian belajar tinggi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari
pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Tidak terdapat pengaruh
interaksi metode pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori terhadap hasil
belajar IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-07

Issue

Section

Articles