Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca, Pemahaman dan Menulis Kalimat Tanda Baca Peserta Didik Kelas V SD

Isni Ahida

Authors

  • Isni Ahida Isni Ahida

DOI:

https://doi.org/10.22236/injope.v3i1.17704

Abstract

Bahasa berperan penting dalam perkembangan sosial, emosional serta intelektual.
Keterampilan berbahasa selalu ada dan menjadi bagian dari pendidikan pada pendidikan sekolah
dasar hingga perguruan tinggi. Beberapa observasi mengungkapkan bahwa masih rendahnya minat
peserta didik dalam belajar Bahasa Indonesia utamanya dalam kemampuan membaca, memahami
dan menulis tanda baca. Word wall adalah salah satu media pembelajaran interaktif berbasis online
guna meningkatkan, pemahaman, membaca dan menulis kalimat tanda baca peserta didik kelas 5
SD. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis
word wall untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 5 SD. Adapun metode penelitian yang
terapkan adalah penelitian kuantitatif jenis Research and Design Development (R&D) dengan
ADDIE di SDN Cipulir 5. Dengan menggunakan lima langkah yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluate. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh
hasil bahwa pengembangan media pembelajaran berbantuan word wall ini cukup baik. Dengan
demikian bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran Word wall berbasis teknologi dikategorikan
“sangat layak” diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk mata pelajaran Bahasa
Indonesia siswa kelas 5 SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-04

Issue

Section

Articles