PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS JURNAL DIGITAL DENGAN MODEL ADDIE

Puri astuti

Authors

  • Puri Astuti Puri Astuti

DOI:

https://doi.org/10.22236/injope.v4i1.17703

Keywords:

Bahan Ajar, Teks Eksplanasi, Jurnal Digital, ADDIE

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini dilakukan untuk menciptakan bahan ajar
berbasis jurnal digital (Diarium) untuk siswa kelas VI SD dan untuk menguji
kelayakannya apabila diujikan kepada siswa. Metode yang digunakan adalah Research
and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model ADDIE. Langkah
pengembangan ini dibagi menjadi lima tahap yaitu melakukan analisis kebutuhan dan
mengidentifikasi masalah yang dihadapi murid dalam Pelajaran Bahasa Indonesia,
melakukan desain bahan ajar sebagai solusi dari masalah yang telah teridentifikasi,
melakukan pengembangan setelah mendapatkan masukan dari rekan sejawat, dan
mengevaluasi untuk mengukur efektivitas bahan ajar. Dalam penganalisisan data metode
yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan skor skala lima (Skala
Likert) terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil pengembangan dan
evaluasi dari uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar "Menulis Teks Eksplanasi
Berbasis Jurnal Digital" mendapatkan penilaian yang positif dari tiga kelompok ahli yang
berbeda. Dari ahli media, sekitar 77% menyatakan bahwa bahan ajar ini layak, dari ahli
materi sebanyak 91,9% menganggapnya sangat layak, sementara ahli praktisi sebanyak
76% juga menganggapnya layak. Berdasarkan penilaian tiga ahli ini, dapat disimpulkan
bahwa bahan ajar ini sangat cocok untuk diujicobakan kepada siswa kelas VI di SD. Pada
tahap impelementasi didapati bahwa aplikasi jurnal digital tidak dapat diakses oleh semua
siswa dikarenakan smartphone yang dimiliki tidak kompatibel. Maka pada tahap evaluasi
penulis memberikan referensi untuk menggunakan aplikasi jurnal digital dengan fitur
serupa agar bahan ajar bisa digunakan secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-04

Issue

Section

Articles