PENGEMBANGAN METODE SQ3R DENGAN KARTU KALIMAT DIGITAL LIVEWORKSHEET UNTUK PEMAHAMAN TEKS BACAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Mokhamad Kharis
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v3i2.17702Keywords:
Metode SQ3R, Kartu Kalimat Digital, Liveworksheet, Pemahaman Teks BacaanAbstract
Pengembangan metode SQ3R dengan kartu kalimat digital liveworksheet ini dilakukan karena
temuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khusunya materi pemahaman teks bacaan pada
siswa kelas V SDN Cilandak Barat 01. Selain itu, sarana dan prasarana sekolah yang kurang
memadai juga membuat pengajaran monoton dan kurang inovatif bagi siswa, sehingga siswa
sulit mengembangkan proses pemahaman tekas bacaan. Oleh karena itu, peneliti melakukan
penelitian pengembangan metode SQ3R dengan kartu kalimat digital liveworksheet yang
bertujuan untuk memudahkan siswa sekolah dasar dalam pemahaman teks bacaan. Penelitian
pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Hasil dari penelitian pengembangan ini
mendapatkan rata-rata 84,2 % dari ahli dan metode SQ3R dengan kartu kalimat digital
liveworksheet mendapatkan kategori layak. Kemudian mendapatkan hasil rata-rata 82,7 % dari
ahli hasil respons siswa dan metode SQ3R dengan kartu kalimat digital liveworksheet
mendapatkan kategori layak. Setelah melakukan uji coba terbatas siswa mendapatkan hasil
rata-rata 64,9 % yang menyatakan metode SQ3R dengan kartu kalimat digital liveworksheet
ini dapat membantu siswa dalam pemahaman teks bacaan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 kharis muhammad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License