PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MEMBACA MELALUI E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEGIATAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Elsa Ananda Putri
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v3i1.17698Keywords:
membaca,media ajar, e-book pemahaman literasi, bahasa indonesia.Abstract
Studi ini dituju untuk mengoptimalkan minat peserta didik dalam membaca menggunakan e-book sebagai
alat yang memberikan peran aktif bagi siswa . penelitian ini menggunakan metode R n D ( Research and
Development Metode Research) yakni studi yang diselaraskan untuk memanifestasikan alat yang
dikembangkan, dan meninjau media secara efektif. Studi ini bersifat deskriptif melalui teori
pengembangan Borg & Gall dengan muatan media yang ditinjau melalui pemaparan konten ajar , bentuk
utaraan bahan, diksi kalimat ajar, dan kenampakan media yang digunakan. Permasalahan dalam studi
yakni bagaimana sistematika rangkaian proses baca melalui e-book untuk meningkatkan aktivitas literasi
kelas IV., bagaimanakah tinjauan hasil validasasi ahli terhadap media ajar e-book untuk membaca
melalui peningkatan literasi sekolah kelas IV Sekolah Dasar?, dan bagaimanakah hasil pengujian media
e-book dalam belajar membaca untuk peningkatan kegiatan literasi sekolah Dasar kelas IV? Data yang
digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Untuk memenuhi
kebutuhan peneliti dalam mengembangkan media e-book, laporan kualitatif digabungkan dengan data
kuantitatif. Data kualitatif mencakup evaluasi, wawasan, tanggapan, kritik, dan saran perbaikan yang
diperoleh melalui pertanyaan terbuka dalam angket. Sementara itu, data kuantitatif dikumpulkan melalui
angket tertutup yang memberikan opsi jawaban terkait penilaian produk dan tes berdasarkan hasil
lapangan. Dari hasil uji validasi oleh ahli materi, rata-rata skor diperoleh untuk beberapa aspek, yaitu:
Kelayakan isi: 4,60%, Kelayakan penyajian: 4,65%, Kelayakan bahasa: 4,55%, Penilaian kontekstual:
4,64%. Dengan menghitung rata-rata dari skor-skor tersebut, diperoleh rata-rata keseluruhan hasil
validasi oleh ahli materi sebesar 4,62%. Berdasarkan tanggapan dari ahli materi, media e-book berjudul
'Seksama Memahami Berbahasa Indonesia' yang dikembangkan untuk kelas IV Sekolah Dasar dianggap
layak dan sesuai untuk digunakan dalam proses belajar. Media ini memperoleh predikat "Sangat Baik".
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elsa Ananda Putri Elsa Ananda Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License