PENGEMBANGAN MEDIA AJAR POHON PINTAR DIGITAL MELALUI FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PESANGGRAHAN 10 PAGI JAKARTA SELATAN
Anteng Tunggal Purwati
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v4i1.17696Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media ajar yaitu pohon pintar digital melalui pemanfaatan teknologi pendidikan flipbook dalam pembelajaran menulis puisi peserta didik kelas IV SDN Pesanggrahan 10 Pagi Jakarta Selatan. Saat membicarakan pembelajaran puisi di tingkat SD, diperlukan pertimbangan terhadap perkembangan dan kompetensi membaca serta menulis anak yang masih berada dalam tahap awal. Fokus dan tujuan dari pembelajaran apresiasi sastra pada anak di tingkat SD adalah menanamkan sikap positif terhadap sastra, khususnya puisi, sekaligus melatih keterampilan mereka dalam menggali nilai-nilai dari karya sastra yang bermanfaat baik secara individu maupun dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi kemudahan penggunaan, flipbook digital meraih presentase 100%, menandakan bahwa siswa sepakat bahwa alat ini dapat digunakan dengan mudah. Secara keseluruhan, setelah mengadopsi media pohon pintar berbasis multimedia, tingkat keberhasilan siswa mencapai 90%. Namun, terdapat 10% siswa yang belum mencapai ambang batas nilai, dengan nilai rata-rata kelas IV sebesar 84. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pohon pintar berbasis multimedia memiliki layanan dan efektivitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran menulis puisi, mengingat mampu meningkatkan pencapaian siswa dalam keterampilan ini.
This study aims to develop a teaching media, namely digital smart trees, through the use of flipbook educational technology in learning to write poetry for fourth-grade students of SDN Pesanggrahan 10 Pagi, South Jakarta. When discussing poetry learning at the elementary school level, consideration is needed regarding the development and competence of reading and writing of children who are still in the early stages. The focus and purpose of learning literary appreciation for children at the elementary school level is to instill a positive attitude towards literature, especially poetry, while also training their skills in exploring the values of literary works that are useful both individually and in society. The results of the study showed that in terms of ease of use, digital flipbooks achieved a percentage of 100%, indicating that students agreed that this tool could be used easily. Overall, after adopting multimedia-based smart tree media, the student success rate reached 90%. However, there were 10% of students who had not reached the threshold value, with an average value of class IV of 84. Thus, it can be concluded that multimedia-based smart tree media has adequate services and effectiveness to support learning to write poetry, considering that it can improve student achievement in this skill.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anteng Tunggal Purwati Anteng Tunggal Purwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License