Pengembangan Game Interaktif Wordwall Dengan Metode SAS Untuk Mendukung Ketercapaian Kompetensi Membaca Siswa Kelas 1

Nia Nurhayati Ningsih

Authors

  • Nia Nurhayati Ningsih Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.22236/injope.v3i1.16973

Keywords:

Media, membaca permulaan, wordwall

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat game interaktif Wordwall yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Pondok Pinang 08. Produk media interaktif ini terdiri dari game edukasi Wordwall yang memiliki menu yang terdiri dari beranda, informasi interaktif, pendidikan, materi guru, materi siswa, permainan, dan evaluasi. Tujuan dari pengembangan media interaktif ini adalah untuk menghasilkan media yang teruji dan dapat diandalkan yang mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas Peneliti menggunakan R&D sebagai metode pengembangan. Kemudian, model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi) digunakan, yang dibuat oleh Dick dan Carey. Penelitian ini melibatkan 89 siswa di kelas 1 SDN Pondok Pinang 08. Kemudian ada 5 sampel kelompok kecil dan 29 sampel di lapangan. Metode penelitian untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil validasi 93% dan 95% dari ahli materi menunjukkan bahwa media layak untuk diujicobakan.  65%  dari  29  siswa  dalam uji  coba  lapangan  mencapai  nilai  KKM,  yang menunjukkan bahwa pengembangan media game edukasi Wordwall efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan game interaktif Wordwall dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-04

Issue

Section

Articles