Pengembangan Game Interaktif Wordwall Dengan Metode SAS Untuk Mendukung Ketercapaian Kompetensi Membaca Siswa Kelas 1 SDN PONDOK PINANG 08.

Nia Nurhayati Ningsih

Authors

  • Nia Nurhayati Ningsih Nia Nurhayati Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.22236/injope.v3i1.16973

Keywords:

Media, membaca permulaan, wordwall

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat game interaktif Wordwall yang bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Pondok Pinang 08.
Produk media interaktif ini terdiri dari game edukasi Wordwall yang memiliki menu yang
terdiri dari beranda, informasi interaktif, pendidikan, materi guru, materi siswa, permainan,
dan evaluasi. Tujuan dari pengembangan media interaktif ini adalah untuk menghasilkan
media yang teruji dan dapat diandalkan yang mampu meningkatkan kemampuan membaca
permulaan siswa kelas
Peneliti menggunakan R&D sebagai metode pengembangan. Kemudian, model ADDIE
(analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi) digunakan, yang dibuat oleh Dick
dan Carey. Penelitian ini melibatkan 89 siswa di kelas 1 SDN Pondok Pinang 08. Kemudian
ada 5 sampel kelompok kecil dan 29 sampel di lapangan. Metode penelitian untuk
mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan angket.
Hasil validasi 93% dan 95% dari ahli materi menunjukkan bahwa media layak untuk
diujicobakan. 65% dari 29 siswa dalam uji coba lapangan mencapai nilai KKM, yang
menunjukkan bahwa pengembangan media game edukasi Wordwall efektif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa mengembangkan game interaktif Wordwall dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-04

Issue

Section

Articles