PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERBANTUAM MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MENULIS IMAJINATIF PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V

milaniafitri09

Authors

  • milaniafitri milaniafitri Magang

DOI:

https://doi.org/10.22236/injope.v3i2.16972

Abstract

Pandemi Covid 19 disinyalir menjadi pemicu kurangnya keinginan belajar para siswa terutama pada kajian Bahasa Indonesia, ditambah lagi kurangnya variasi media pembelajaran yang lakukan oleh pengajar ketika melakukan proses pengajaran di kelas yang cenderung konvensional dan monoton bagi siswa, maka hal inilah menjadi latar belakang atau alasan dari peneliti untuk mekaji masalah yang berkaiatan dengan pengembangan produk media ajar ini. Menurut peneliti perlu adanya gebrakan atau pembaharuan dalam media pembelajaran yang dipakai guru saat melaksanakan kegiatan belajar di kelas, maka diharapkan dapat meningkatkan minat serta keinginan belajar siswa. Maka penelti ingin mengembagkan bahan ajar melalui media gambar berseri berbasis menulis imajinasi dengan ketrampilan menulis puisi pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V. Penelitian ini dilakukan di SDN Pulogadung 01 terutama di kelas V yang secara keseluruhan berjumlah 90 siswa. Model Pengembangan ADDIE dipilih Pada penelitian ini, model ini diterapkan pada tahap pengembangan. Hal ini ditandai dengan adanya pengisian angket atau kuesioner, yang disertai dengan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan sebagai metode survei dalam penelitian ini. Studi pengembangan ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini, hingga 10 peserta didik kelas empat digunakan sebagai subjek uji coba individu dengan hasil presentasi rata-rata jawaban peserta didik yaitu mencapai 87,75 % berada pada kategori sangat baik untuk respon penilaian media gambar seri. Adapun hasil penilaian dari ahli materi tetang format isi materi, ketepatan tehnis produk media, dan efektifitas bsgi guru memperoleh skor presentase sebesar 93,6 % ada pada predikat sangat baik, untuk validasi yang didapatkan dari ahli media tentang tampilan desain media gambar seri, keterpaduan isi materi, dan komunikasi visual pada media pembelajaran memperoleh presentase sebesar 92.5 % dengan memproleh predikat amat baik, maka dari itu media pembelajaran gambar seri berbasis imajenasi dengan kertampilan menulis puisi pada materi keindahan alam Indonesia pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ini disinyalir layak dipakai sebagai perbantuam media pembelajaran di sekolah-sekolah dasar guna meningkatkan minat atau keinginan siswa untuk belajar semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-04

Issue

Section

Articles