ANALISIS NILAI NASIONALISME DALAM BUDAYA TRADISIONAL TARIAN LEGO-LEGO PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL KELAS IV DI SEKOLAH DASAR KALABAHI KABUPATEN ALOR
Mahmud Abdullah Noho
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v4i2.16810Keywords:
3-5 Kata Kunci Dipisahkan Dengan Tanda KomaAbstract
Kebudayaan merupakan perwujudan hasil karya bangsa Indonesia yang
dilandasi oleh nilai-nilai leluhur bangsa yang berlandaskan Pancasila, bercirikan
Bhinneka Tunggal Ika dan berwawasan nusantara maka Tujuan dari penelitian
adalah untuk mengenalisis nilai nasionalisme yang terkandung dalam budaya
tarian lego-lego, Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan
pendekatan etnografi, Informan dalam penelitian diantaranya kepala sekolah,
guru, siswa. Dengan cara pengumpulan data penelitian Observasi partisipan,
wawancara mendalam dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi
sumber.
Temuan Hasil penelitian: a) kesesuaian iringan musik tambur dan gong
mengandung nilai semagat persatuan dan kesatuan; b). Pada bagian nyayian,
syair yang selalu mengandung nilai keramahan; c). Pada gerakan yang selalu
sesuai dengan lagu dan music menggambarkan nilai kedisiplinan; d). Pada
gerakan dan nyayian lego- lego yang sama semangatnya mengambarkan nilai
perjuangan; e). Pada tarian yang saling menjaga lingkaran tarian lego-lego
menggambarkan nilai kepedulian; f). Pada gerakan serentak maju bersama
dengan suara teriakan yang lantang menunjukan nilai keberanian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mahmud Abdullah Noho Mahmud Abdullah Noho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License