Supervisi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri Susukan 06 Pagi
Shafira Ummu Hani
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v4i2.16805Keywords:
Pendidikan, Profesionalisme Guru, SupervisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana
supervisi pendidikan guna peningkatan profesionalisme
guru, upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan
profesionalisme guru, serta untuk mengetahui pengaruh
supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara
bersama-sama terhadap kinerja guru di SD Negeri Susukan
06 Pagi. Sampel penelitian ini adalah guru pada SD Negeri
Susukan 06 Pagi. Data dikumpulkan melalui pendekatan kualitatif dengan rancangan
penelitian yang merupakan observasi mendalam tentang instrumen supervisi guru
yang telah terisi di SD Negeri Susukan 06 dengan menggunakan instrumen konkrit
supervisi. Penelitian ini mengemukakan bahwa ada pengaruh supervisi kepala sekolah
dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru, dan pengaruh
motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SD Negeri Susukan 06 Pagi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shafira Ummu Hani Shafira Ummu Hani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License