Pengimplementasian Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di SDN Susukan 06 Pagi

Dhyta Syafira Nur Zahra Kuswandi

Authors

  • Dhyta Syafira Nur Zahra Kuswandi Dhyta Syafira

DOI:

https://doi.org/10.22236/injope.v4i1.16803

Keywords:

Kata Kunci: Kurikulum, Sekolah Dasar, Implementasi.

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di SDN Susukan 06 Pagi. Kurikulum 2013 mengintegrasikan keterampilan, tema, dan konsep, dengan fokus pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sementara itu, Kurikulum Merdeka menekankan materi esensial dan pengembangan karakter melalui pembelajaran berbasis proyek, yang mendorong pemikiran kritis dan kolaborasi. Pada tahun ajaran 2024/2025, sekolah akan sepenuhnya mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di semua kelas. Menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara terpimpin dengan kepala dan wakil kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kurikulum ganda ini telah meningkatkan motivasi dan prestasi akademik siswa. Namun, tantangan muncul dari perbedaan sistem penilaian dan format raport antara kedua kurikulum tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua kurikulum efektif dalam meningkatkan hasil pendidikan, transisi ke satu kurikulum akan memperlancar proses dan mendukung pengembangan pendidikan yang lebih menyeluruh

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-04

Issue

Section

Articles