Main Article Content

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik kelas VIII Ibnu Khaldun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan bantuan macromedia flash. Subjek penelitian yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII Ibnu Khaldun SMP Islam Al Mujahidin Pamulang tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik. Prosedur tindakan dan implementasi tindakan terbagi ke dalam dua siklus. Siklus pertama, peneliti menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan macromedia flash dalam satu kali pertemuan. Siklus kedua, peneliti menggunakan desain yang sama dengan siklus pertama. Setiap siklus lebih mengutamakan pada struktur dan kaidah kebahasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil prasiklus, siklus I, dan siklus II. Prasiklus peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 50,92. Siklus I peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 71,67. Siklus II peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 86,35. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa meningkatnya keterampilan menulis teks eksposisi model menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbantuan macromedia flash


Kata kunci: Model snowball throwing, Teks Eksposisi, dan Macromedia Flash.  

Article Details

How to Cite
Fitriasari, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.6758