Main Article Content

Abstract

Pesatnya arus globalisasi memengaruhi kehidupan pelajar zaman sekarang, kenakalan yang terjadi menandakan bahwa moral pelajar Indonesia sedang krisis, begitupun dengan kehidupan pelajar yang lebih menyukai budaya asing dibandingkan budaya di daerahnya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai moral yang terkandung dalam buku sejarah Cirebon yang belum banyak dikaji yaitu Baban Kana. Melihat berbagai kasus krisis moral yang terjadi pada pelajar, maka perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa buku teks yang di dalamnya memuat nilai-nilai moral yang dapat dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode dalam penelitian ini yaitu analisis isi atau content analysis, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Pustaka, Baca dan Catat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap buku Baban Kana karya KH. Zamzami Amin dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai moral hubungan manusia dengan Tuhannya ditemukan 11 kutipan, nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri ditemukan 44 kutipan, nilai moral hubungan manusia dengan orang lain ditemukan 7 kutipan. Penelitian ini juga mengembangkan bahan ajar berupa buku teks yang berjudul Pembelajaran Cerpen Berkearifan Lokal untuk kelas XI SMA.


Kata kunci: Nilai Moral; Bahan Ajar; Kearifan Lokal

Keywords

Nilai Moral; Bahan Ajar; Kearifan Lokal

Article Details

How to Cite
Ayu, P. F. A., Mulyaningsih, I., & Khuzaemah, E. (2021). Analisis Nilai Moral Buku Baban Kana dan Pengembangannya Sebagai Bahan Ajar Cerpen Berbasis Kearifan Lokal. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 123-130. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i2.6580

Most read articles by the same author(s)