Main Article Content

Abstract

Penelitian BIPA ini memaparkan proses serta cara belajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing dari aspek belajar BIPA menggunakan metode darmawisata. Penelitian dilakukan di Museum-museum Kota Tua dan Taman Mini Indonesia Indah, dilaksanakan bulan November-Desember 2019. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, memaparkan penyelenggaraan pembelajaran BIPA secara faktual, laporan ditulis dengan naratif dan mempunyai sifat kreatif. Sumber data yang diperoleh dari 2 mahasiswa Thailand dan 2 mahasiswa Somalia yang belajar di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Data artikel dihimpun melewati observasi, darmawisata, hasil catatan dan tanya jawab seseorang. Hasil memikirkan dan melakukan metode darmawisata menyatakan salah satu metode efisien digunakan untuk belajar bahasa Indonesia untuk pemelajar asing, sekaligus mengetahui adat istiadat kebudayaan sejarah yang ada di Indonesia. Penggunaan metode darmawisata dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran bahasa Indonesia mahasiswa Thailand dan Somalia di UMJ tahun ajaran 2019/2020. Ini ditunjukkan dari keaktifan dan keuletan mahasiswa dalam proses atau cara perbuatan menjadikan belajar bahasa Indonesia lebih diutamakan. 

Keywords

Kata kunci: pembelajaran; BIPA; metode darmawisata

Article Details

How to Cite
Jannah, R. ., & Gusti Yanti, P. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Menggunakan Metode Darmawisata . Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5096