Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita melalui penggunaan media video pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Imelda Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, menulis merupakan aspek keterampilan yang harus dikuasai selain aspek keterampilan menulis. Standar kompetensi menulis yang diharapkan dari siswa kelas VIII-A SMP Swasta Imelda Medan pada tahunpembelajaran 2018/2019 adalah mampu menulis kalimat-kalimat dan paragraf dengan baik, menulis karangan sederhana, tanda baca, kosa kata yang semuanya diarahkan untuk menumbuhkan kebiasaan menulis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas melalui uji coba ide ke dalam situasi nyata yang diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di skelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan rumusan masalah dan hipotesis tindakan, penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII-A SMP Swasta Imelda Medan dan hal tersebut dapat membantu guru bidang studi Bahasa Indonesia untuk lebih aktif lagi dalam mengelola kondisi kelas.

Keywords

Kata kunci: Menulis, Teks Berita, Penelitian Tindakan Kelas.

Article Details

How to Cite
Marlina S, H. ., T, S. ., & Saleh L, R. . (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA SISWA SMP. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 95–108. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i1.5081