Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VIIC SMP Negeri 3 pancurbatu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari kriteria ini Penggunaan model pembelajaran inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus I belum mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan pada siswa. Hal ini ditunjukkan dari jumlah skor rata-rata yang diperoleh siswa 63,8 dan KKK siswa yang tuntas 20% (5 siswa) dan yang tidak tuntas 80% (20 siswa). Penggunaan model pembelajaran inkuiri setelah diberi tindakan pada siklus II dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis teks laporan siswa. Hal ini dapat terlihat pada perolehan jumlah skor rata-rata 83,4 dan KKK siswa yang tuntas 88% (22 siswa) dan yang tidak tuntas 12% ( 3 siswa). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan menulis teks laporan siswa kelas VII-C SMP Negri 3 Pancurbatu.