Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara komprehensif tentang model penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di salah satu satuan sekolah menengah pertama (SMP) swasta yang ada di di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode etnografi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan mencakup empat aspek karakter, yaitu olah hati, olah pikir, olah raga/kinestetik, dan olah karsa. Pengitegrasian nilai-nilai pendidikan karakter secara eksplisit dilakukan melalui nasihat yang disampaikan secara langsung pada siswa saat mengikuti kegiatan sekolah, seperti upacara bendera, upacara peringatan hari-hari besar nasional, kegiatan perkemahan, outboand, kerja kakti, bakti sosial, dan salat berjamaah, serta berbagai nasihat lainnya yang diberikan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter secara implisit dilakukan melalui proses penghayatan yang dintegrasikan ke dalam berbagai kegiatan yang dilangsungkan sekolah, baik berkaitan dengan proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter mengalir secara wajar dan alami karena siswa tidak merasa dinasihati atau digurui. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu model dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama agar berlangsung lebih efektif dan efesien.


Keywords

Kata kunci: Penanaman, nilai-nilai karakter

Article Details

How to Cite
Safi’i, I. ., & Tarmini, . W. . (2019). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP MUHAMMDIYAH 22 PAMULANG, TANGERANG SELATAN . Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 43–50. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i1.5076