Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap menulis naskah drama pada siswa kelas VIII. Model picture and picture merupakan model yang dapat mendorong siswa lebih kreatif dan aktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan model post-test only control design. Pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75,833 standar deviasi 8,461, standar error 1,562 dan kelas eksperimen nilai rata-rata 82,66, standar deviasi 6,914 standar error 1,284. Hasil perhitungan normalitas kelas kontrol memperoleh harga Lhitung < Ltabel sebesar 0,1321< 0,1617dan kelas eksperimen memperoleh harga Lhitung < Ltabel sebesar 0,1446<0,1617. Ini membuktikan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas memperoleh harga Lhitung < Ltabel sebesar 1,481<1,858. Hal ini membuktikan sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil perhitungan hipotesis memperolah harga Thitung > Ttabel sebesar 3,531>2,002, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak pada siswa kelas VIII tahun pembelajaran 2018/2019.

Keywords

Kata kunci: Picture and Picture, Naskah Drama

Article Details

How to Cite
Nainggolan, E. ., Purwanto, P. ., & Waruwu , . E. . (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 32–42. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i1.5075