Main Article Content

Abstract


Adanya permasalahan tentang kesulitan menulis deskripsi membuat penelitian ini berusaha untuk memberikan solusinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar fotografi terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas XI. Era modern ini beberapa siswa menyukai atau hobi dengan fotografi, sehingga dilakukan eksperimen dengan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design quasi eksperimental dengan menghitung menggunakan sofware SPSS 16. Pada penelitian ini menggunakan populasi kelas XI SMA Muhammadiyah 23 Jakarta Timur ± 62 siswa. Kemudian dilakukan random sampling dengan mengundi kelas yang akan dijadikan sampel. Maka didapatkan kelas sampel XI IPA 1 dengan jumlah sampel 25 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Diketahui dari 25 responden nilai signifikan untuk pre-test sebesar 0,319 dan nilai signifikan untuk post-test sebesar 0,212. Nilai signifikan yang ditetapkan pada penelitian ini adalah 0,05. Maka nilai signifikan pre- test 0,319> 0,05 dan nilai signifikan post-test 0,212> 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan data post-test berdistribusi normal. Nilai t hitung sebesar -2,818 degan signifikan 0,010. Nilai signifikan 0,000 < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis deskripsi sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test). Dapat dinyatakan bahwa media gambar fotografi dapat dijadikan salah satu cara pembelajaran menulis deskripsi.

Keywords

Media gambar fotografi, Menulis Deskripsi, SMA

Article Details

How to Cite
Sukardi, S. (2018). PENGARUH MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA TIMUR. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.22236/imajeri.v1i1.5055