Main Article Content

Abstract

Iklan merupakan salah satu inovasi yang dilakukan produsen dalam memasarkan suatu produk atau jasa yang ada. Salah satu karakteristik dari bahasa iklan ialah persuasif. Adanya bahasa iklan yang persuasif dan mampu menarik konsumen terhadap produk atau jasa yang dipasarkan tidak luput dari peran tindak tutur yang digunakan oleh produsen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur ilokusi yang ada pada iklan produk kecantikan Fair and Lovely. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berupa tuturan kata dan kalimat pada iklan Fair and Lovely dengan menggunakan teknik  rekam, simak, dan catat. Penggunaan analisis dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat lima wujud tindak tutur ilokusi pada iklan produk kecantikan Fair and Lovely, yaitu tindak tutur ilokusi asertif sejumlah tiga data, tindak tutur ilokusi direktif terdapat empat data, tindak tutur ilokusi komisif terdiri empat data, tindak tutur ilokusi ekspresif terdapat satu data, dan tindak tutur ilokusi deklaratif sejumlah satu data.

Article Details

How to Cite
Sikana, A. M., & Linda Fadillah, R. . (2020). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Fair and Lovely di Televisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 93–104. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.4983