Main Article Content
Abstract
Masalah keuangan menjadi salah satu penyebab utama tingginya kasus perdagangan orang di berbagai daerah di Nusa Tenggara Timur termasuk Sumba Timur. Pelaku biasanya menggunakan kata-kata yang meyakinkan disertai janji-janji manis untuk menipu dan memanfaatkan korban, terutama mereka yang berasal dari keluarga miskin di daerah terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaku menggunakan bahasa yang membujuk dengan iming-iming untuk menarik korban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mewawancarai empat orang informan kunci. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaku sering menjanjikan uang banyak, cepat kaya, proses keberangkatan yang mudah, pekerjaan yang layak, dan kiriman uang rutin untuk keluarga. Salah satu cara mencegah masyarakat tertipu adalah melalui edukasi yang berkelanjutan. Dengan edukasi, masyarakat bisa lebih waspada terhadap rayuan yang digunakan pelaku perdagangan orang agar tidak terjebak bekerja secara ilegal. Untuk mengurangi perdagangan orang di NTT, khususnya di Sumba Timur, perlu ada peningkatan edukasi berkelanjutan bagi masyarakat, terutama di daerah miskin dan tertinggal, tentang bahaya perdagangan orang serta cara mengenali bujuk rayu pelaku. Selain itu, penting untuk memperluas akses terhadap peluang ekonomi lokal untuk mengurangi ketergantungan pada tawaran kerja ilegal.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Aminullah, F. (2024). Protection Of Indonesian Migrant Workers From International Crime Syndicates Through The Maritime Control System. Jurnal Pertahanan: Media Informasi Tentang Kajian Dan Strategi Pertahanan Yang Mengedepankan Identity, Nasionalism Dan Integrity, 10(3).
- Ayunita, P. (2024). Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara Indonesia Korban Penyelundupan Migran di Luar Negeri English Title: Legal Protection for Indonesian Citizens Victims of Migrant Smuggling Abroad. In Ethics and Law Journal: Business and Notary (ELJBN (Vol. 2, Issue 1). http://journals.ldpb.org/index.php/eljbn.
- BBC News Indonesia (2023). Mafia perdagangan pekerja migran NTT: Mengungkap modus 'rayuan surgawi' hingga jalur 'kejahatan mengerikan' https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-64363357.
- Cialdini, R. (2006). The Psychology of Persuasion. USA: Harper Collins.
- Dewandaru, B., Rahmadi, A. N., & Syaâ, E. H. (2019). Pemanfaatan remitansi pekerja migran Indonesia serta peran usaha pekerja migran Indonesia purna untuk pembangunan desa asal. Warmadewa Economic Development Journal (WEDJ), 2(2), 44–50.
- Everd, O., Daniel, S. R., Mulyana, N., & Wibhawa, B. (2023). Human Trafficking Di Nusa Tenggara Timur. http://www.soroptimist.org/trafficking/faq.html,
- Farhan, F. B., Revita, I., & Oktavianus, O. (2024). Persuasive languages on political billboard of the 2024 Indonesian General Election in Padang City West Sumatra, Indonesia. Cogent Arts & Humanities, 11(1), 2325679.
- Fauziah, N. (2023). Flexing dalam masyarakat tontonan: Dari tabu menjadi sebuah strategi. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 4(1), 62–76.
- Junginger, A. A., & Ismed, M. (2024). Kebijakan Pemerintah terhadap Perlindungan Hukum bagi Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang di Indonesia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(12).
- Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat Dalam Kehidupan Sehhari-Hari. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02).
- Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.
- Mbiri, A. L. C. B., & Fahik, Y. (2024). Collaboration in Handling Human Trafficking in The Border Area of NKRI-RDTL: Case Study of North Central Timor Regency. The Sunan Ampel Review of Political and Social Sciences, 3(2), 162–175.
- Naingolan, A. E., & Kartini, K. (2024). Istilah etika, pengertian etika komunikasi, dan etika komunikasi persuasif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5004–5013.
- Nusi, J., Metboki, Y., & Marpaung, T. (2023). Designing Of A Digital Video For Basic English Teaching To Migrant Maid Candidates From East Nusa Tenggara Province. Journal on Language, Education, Literature, and Culture, 1(1), 15–26.
- Pellegrino, A. (2024). Online Persuasive Communication and Its Applications. In Decoding Digital Consumer Behavior: Bridging Theory and Practice (pp. 95–112). Springer.
- Rori, M. A. S., & Subhan, R. (2024). Peranan filsafat dan bahasa sebagai media komunikasi: Filsafat dan bahasa. Kampret Journal, 3(3), 107–116.
- RRI (2024). Komnas HAM: NTT Darurat Human Trafficking. https://www.rri.co.id/daerah/798994/komnas-ham-ntt-darurat-human-trafficking.
- Safiaji, A., & Aggasi, A. (2023). Komunikasi Persuasif Habib Husein Ja’far Dalam Memanfaatkan Media Baru Sebagai Alat Penyebaran Pesan Dakwah (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Konten #LogIndiCloseTheDoor Episode 17). http://jurnal.uts.ac.id/index.php/KAGANGA
- Setiyono, B. (2023). Birokrasi dalam perspektif politik dan administrasi. Nuansa Cendekia.
- Sina, I. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Untuk Ilmu Sains.
- Sukarno, S., Nurdianto, A., & Setiari, A. D. (2021). Strategi dan teknik persuasi perekrutan calon anggota baru (Studi kasus kebahasaan pada bisnis multi level marketing bodong). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 406–423.
- Susanti, V., Kosandi, M., Subono, N. I., & Kartini, E. (2020). Criminological study on criminal activities human trafficking in the Nusa Tenggara Timur region (NTT), Indonesia. International Journal of Criminology and Sociology, 9, 182-191.
- Talkah, I. K., Asiani, G., & Zaman, C. (2025). Analisis Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Rumah Sakit. Jurnal'Aisyiyah Medika, 10(1).
- Yuliani, M., & Meliza, D. (2024). Strategi Pemasaran Produk Arrum Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Pegadaian Upc Teluk Kuantan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 7(1), 153–164.
References
Aminullah, F. (2024). Protection Of Indonesian Migrant Workers From International Crime Syndicates Through The Maritime Control System. Jurnal Pertahanan: Media Informasi Tentang Kajian Dan Strategi Pertahanan Yang Mengedepankan Identity, Nasionalism Dan Integrity, 10(3).
Ayunita, P. (2024). Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara Indonesia Korban Penyelundupan Migran di Luar Negeri English Title: Legal Protection for Indonesian Citizens Victims of Migrant Smuggling Abroad. In Ethics and Law Journal: Business and Notary (ELJBN (Vol. 2, Issue 1). http://journals.ldpb.org/index.php/eljbn.
BBC News Indonesia (2023). Mafia perdagangan pekerja migran NTT: Mengungkap modus 'rayuan surgawi' hingga jalur 'kejahatan mengerikan' https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-64363357.
Cialdini, R. (2006). The Psychology of Persuasion. USA: Harper Collins.
Dewandaru, B., Rahmadi, A. N., & Syaâ, E. H. (2019). Pemanfaatan remitansi pekerja migran Indonesia serta peran usaha pekerja migran Indonesia purna untuk pembangunan desa asal. Warmadewa Economic Development Journal (WEDJ), 2(2), 44–50.
Everd, O., Daniel, S. R., Mulyana, N., & Wibhawa, B. (2023). Human Trafficking Di Nusa Tenggara Timur. http://www.soroptimist.org/trafficking/faq.html,
Farhan, F. B., Revita, I., & Oktavianus, O. (2024). Persuasive languages on political billboard of the 2024 Indonesian General Election in Padang City West Sumatra, Indonesia. Cogent Arts & Humanities, 11(1), 2325679.
Fauziah, N. (2023). Flexing dalam masyarakat tontonan: Dari tabu menjadi sebuah strategi. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 4(1), 62–76.
Junginger, A. A., & Ismed, M. (2024). Kebijakan Pemerintah terhadap Perlindungan Hukum bagi Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang di Indonesia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(12).
Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi Masyarakat Dalam Kehidupan Sehhari-Hari. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02).
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.
Mbiri, A. L. C. B., & Fahik, Y. (2024). Collaboration in Handling Human Trafficking in The Border Area of NKRI-RDTL: Case Study of North Central Timor Regency. The Sunan Ampel Review of Political and Social Sciences, 3(2), 162–175.
Naingolan, A. E., & Kartini, K. (2024). Istilah etika, pengertian etika komunikasi, dan etika komunikasi persuasif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5004–5013.
Nusi, J., Metboki, Y., & Marpaung, T. (2023). Designing Of A Digital Video For Basic English Teaching To Migrant Maid Candidates From East Nusa Tenggara Province. Journal on Language, Education, Literature, and Culture, 1(1), 15–26.
Pellegrino, A. (2024). Online Persuasive Communication and Its Applications. In Decoding Digital Consumer Behavior: Bridging Theory and Practice (pp. 95–112). Springer.
Rori, M. A. S., & Subhan, R. (2024). Peranan filsafat dan bahasa sebagai media komunikasi: Filsafat dan bahasa. Kampret Journal, 3(3), 107–116.
RRI (2024). Komnas HAM: NTT Darurat Human Trafficking. https://www.rri.co.id/daerah/798994/komnas-ham-ntt-darurat-human-trafficking.
Safiaji, A., & Aggasi, A. (2023). Komunikasi Persuasif Habib Husein Ja’far Dalam Memanfaatkan Media Baru Sebagai Alat Penyebaran Pesan Dakwah (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Konten #LogIndiCloseTheDoor Episode 17). http://jurnal.uts.ac.id/index.php/KAGANGA
Setiyono, B. (2023). Birokrasi dalam perspektif politik dan administrasi. Nuansa Cendekia.
Sina, I. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Untuk Ilmu Sains.
Sukarno, S., Nurdianto, A., & Setiari, A. D. (2021). Strategi dan teknik persuasi perekrutan calon anggota baru (Studi kasus kebahasaan pada bisnis multi level marketing bodong). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 406–423.
Susanti, V., Kosandi, M., Subono, N. I., & Kartini, E. (2020). Criminological study on criminal activities human trafficking in the Nusa Tenggara Timur region (NTT), Indonesia. International Journal of Criminology and Sociology, 9, 182-191.
Talkah, I. K., Asiani, G., & Zaman, C. (2025). Analisis Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Rumah Sakit. Jurnal'Aisyiyah Medika, 10(1).
Yuliani, M., & Meliza, D. (2024). Strategi Pemasaran Produk Arrum Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Pegadaian Upc Teluk Kuantan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 7(1), 153–164.
