Main Article Content

Abstract

Berita pembangunan Ibu Kota Nusantara pada media sosial X telah menjadi pusat perhatian warganet. Banyak warganet yang berkomentar terbagi menjadi sisi pro dan kontra. Penelitian penulis ini bertujuan untuk memaparkan fungsi tindak tutur ekspresif warganet terhadap berita pembangunan Ibu Kota Nusantara pada media sosial X menggunakan teori Djatmika. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif (mixed methods). Sumber data dalam penelitian ini yaitu media sosial X, sedangkan datanya berupa kalimat yang mengandung fungsi tindak tutur ekspresif pada rentang bulan Februari hingga Desember 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik web scrapping dengan API twitter untuk mengumpulkan data tweets menggunakan dua kata kunci. Metode analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan penyimpulan data. Hasil penelitian membuktikan adanya lima fungsi tindak tutur ekspresif, yaitu fungsi berterima kasih sebanyak tiga data dengan presentase 2%, fungsi menghina sebanyak delapan puluh lima data dengan presentase 66%, fungsi memuji sebanyak dua puluh dua data dengan presentase 17%, fungsi menyalahkan sebanyak lima belas data dengan presentase 12%, dan fungsi mengejek sebanyak empat data dengan presentase 3%. Frekuensi tertinggi warganet berkomentar mengenai berita pembangunan IKN yakni pada bulan Agustus 2024.

Keywords

Ibu Kota Nusantara Media Sosial X Tindak Tutur Ekspresif Warganet

Article Details

How to Cite
Zahra Nabilla Putri, Iskandarsyah Siregar, & Tadjuddin Nur. (2025). Brutalitas Digital dalam Tindak Tutur Ekspresif Warganet terhadap Pembangunan IKN pada Media Sosial X . Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 124–137. https://doi.org/10.22236/imajeri.v7i2.17859

References

  1. Apriliany, Y., Zahra, A., Iswara, N., Arofah, S. N., & Noor, S. (2024). Tindak Tutur Ekspresif dalam Mention Confess ( Menfess ) di Akun Twitter @ Convomfs : Kajian Sosiopragmatik. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 3(2), 116–122. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i2.287
  2. Assidik, G. K., Vinansih, S. T., & Kustanti, E. W. (2023). Tindak Tutur Ekspresif pada Penulisan Utas Mengenai Politik, Ekonomi dan Sosial. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 29–37. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2120
  3. Djatmika. (2016). Mengenal Pragmatik Yuk!? Pustaka Belajar.
  4. H.M. Yahya. (2018). Relocation of Capital City of Developed and Prosperous Countries. Journal Study of Religion and Society, 14(1), 21–30. https://doi.org/10.23971/jsam.v14i1.kemerdekaan
  5. Hadi, F., & Rosa, R. (2020). Pemindahan Ibu Kota Indonesia dan Kekuasaan Presiden dalam Perspektif Konstitusi The Relocation of Indonesia ’ s Capital City and The Presidential Powers in Constitutional Perspective. Jurnal Konstitusi, 17(3), 530–537. https://doi.org/https://doi.org/10.31078/jkt734
  6. Jihad, N., Saleh, M., & Usman, U. (2023). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dalam Fitur Trending Topik Twitter. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.59562/titikdua.v2i2.24261
  7. Korompot, C. A., Siregar, I., Khursanov, N. I., Abdullaev, D., & Mohamed, K. M. (2024). Investigating Gender DIF in the Reading Comprehension Section of the B2 First Exam. International Journal of Language Testing, 14(2), 57–66. https://doi.org/10.22034/IJLT.2023.421011.1301
  8. Nusantara, O. I. K. (2023). Tentang IKN dan Regulasi. Ibu Kota Nusantara. https://www.ikn.go.id/
  9. Rahardi, K. (2018). Pragmatik: Kefatisan Berbahasa sebagai Fenomena Pragmatik Baru dalam Perspektif Sosiokultural dan Situasional. Penerbit Erlangga.
  10. Rahmawati, N., Muslichatun, M., & Marizal, M. (2021). Kebebasan Berpendapat Terhadap Pemerintah Melalui Media Sosial Dalam Perspektif Uu Ite. Widya Pranata Hukum : Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 3(1), 62–75. https://doi.org/10.37631/widyapranata.v3i1.270
  11. Siregar, I. (2004). Analysis of the Impact of Using Betawi Language in the Speech Structure of Jakarta Adolescents. Linglit Journal: Scientific Journal of Linguistics and Literature, 4(4), 190–204. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/linglit.v4i4.1031
  12. Siregar, I. (2019). A Phenomenological Perspective of the Rise of Brutality in Indonesian Political Activities during the Joko Widodo Era. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 7(1), 291–302. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v7i1.7940
  13. Siregar, I. (2024). New Strategies in Applied Linguistic Research for Health Therapy. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 7(2), 95–106. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birle.v7i2.7937
  14. Siregar, I., & Hamzah, N. H. B. (2024). Effectiveness of the Language Preservation Model in the Betawi Community. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 274–281. https://doi.org/10.32601/ejal.10223
  15. Siregar, I., & Hsu, F. (2024). The Interplay of Cultural Dynamics within the Globalization Paradigm. Jurnal Kultura: Ilmu Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 2(4), 1–14.
  16. Siregar, I., & Yahaya, S. R. (2023). Model and Approaches to Preserving Betawi Language as an Endangered Language. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 274–282. https://doi.org/10.32601/ejal.901023
  17. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Kencana.
  18. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
  19. Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia. In Graniti. https://repository.usd.ac.id/36035/1/BUKU AJAR PRAGMATIK KONTEKS_luaran tambahan pertama.pdf
  20. Suwarno, S. C. P. A. O. P. I. W. Y. P. (2022). Perubahan Tata Kelola Maritim di Wilayah Kalimantan Timur sebagai Ibukota Baru. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1483–1490. https://doi.org/10.31604/jips.v7i3.2020.529-537
  21. Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Penerbit Angkasa.
  22. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2023 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara, Pub. L. No. 21, 1 (2023). https://peraturan.bpk.go.id/Details/269494/uu-no-21-tahun-2023
  23. Zarella, D. (2011). The Social Media Marketing Book. PT Serambi Ilmu Semesta.