Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan moralitas yang dimiliki tokoh Ma, Mi, dan Mo melalui pembelajaran yang mereka alami secara langsung. Penelitian ini menggunakan teori moral yang dikemukakan Lickona serta pandangan filsafat Dewey, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian mengungkap bahwa tokoh Ma, Mi, dan Mo menerapkan nilai moral disiplin diri, menghargai kebenaran, menghargai hak dan kewajiban, tanggung jawab sosial, memiliki empati, menghormati orang lain, serta adil. Moralitas yang dimiliki oleh tokoh Ma, Mi, dan Mo berlandaskan pada pembelajaran yang mereka alami secara langsung melalui learning by doing, problem-based learning, collaborative learning, school as a social laboratory, serta democracy in education. Temuan paling menonjol dari penelitian ini adalah tokoh Ma yang ternyata paling sering mendapatkan masukan pembelajaran terkait nilai moral karena memiliki watak yang tenang. Fakta menarik penelitian ini terletak pada kombinasi atau perpaduan teori moral Lickona serta pandangan filsafat progresivisme Dewey pada novel bertema fantasi, bukan realitas sosial, berjudul Kita Pergi Hari Ini karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Agustina, A. A., Agustin, M., & Ahmadi, Y. (2018). Struktur dan Nilai Moral dalam Cerpen Keadilan Karya Putu Wijaya. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 335–342. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i3p%25p.665
- Ananda, M. R., & Anggraini, D. (2023). Nilai-Nilai Moral dalam Novel Sagaras Karya Tere Liye dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.33
- Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
- Aurelya, S., & Noviana Laurencia. (2023). Analisis Karakter Tokoh Utama Film Wish Dragon: Nilai Moral Konfusianisme. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 760–770. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2611
- Cremin, L. A. (1959). John Dewey and the Progressive-Education Movement, 1915-1952. The School Review, 67(2), 160–173. https://doi.org/10.1086/442489
- Effendy, Moh. H. (2015). Local Wisdom dalam Tembang Macapat Madura. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 55–72. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.580
- Intan, M., Amir, J., & Juanda, J. (2024). Analisis Nilai Pendidikan Moral dalam Novel “Si Anak Pemberani” Karya Tere Liye: Sebuah Pendekatan Richard Eyre. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1320–1334. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3466
- Khomairroh, S., Nurwahidin, M., & Sudjarwo. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Lembaga Pendidikan Formal Menurut Kajian Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(12), 2393–2406. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpdsh.v1i12.3793
- Lestari, S., & Nabilah, N. (2024). Nilai-Nilai Edukatif pada Cerita Rakyat Ki Ageng Pandanaran: Kajian Sosiologi Sastra. SeBaSa, 7(1), 150–166. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/sbs.v7i1.26655
- Lickona, T. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110
- Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Arizona State University.
- Nadhira, N. A. (2022). Representasi Nilai Moral pada Film Yang Berjudul “Bebas” (Kajian Sosiologi Sastra). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 161–169. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.256
- Pratiwi, Y., Andajani, K., Suyitno, I., Ismail, A., & Prastio, B. (2023). Representing and Implementing Moral Values to Foreign Students in Indonesian Textbooks for Learners Other Than Indonesians. International Journal of Language Education, 1(1), 58. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i1.36256
- Rachmadi, A., Syafe’i, I., & Amiruddin, A. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Tasawuf dalam Tembang Macapat. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 262–290. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v5i3.918
- Rohmah, R. A., Mahdum, M., & Isjoni, I. (2023). Pandangan Filsafat Progresivisme John Dewey pada Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Kajian Studi Literatur Review. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 194–200. https://doi.org/https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.58
- Rusdi, M., Idris, M., & Nurmi. (2022). Analisis Nilai Moral dalam Novel Iblis Menggugat Tuhan Karya Shawni. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(2), 475–482. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1814
- Santika, D. M., Suparmin, S., & Sudiatmi, T. (2023). Nilai Pendidikan Moral Novel Rantau 1 Muara Untuk Menunjang Tercapainya Pendidikan Karakter Siswa Menghadapi Era Society 5.0. SeBaSa, 6(2), 244–255. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.18057
- Wati, M. L. K., Rohman, F., & Yuniawan, T. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes dan Nilai Moral dalam Film Pendek Tilik 2018 Karya Wahyu Agung Prasetya. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 1306–1315. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.3023
- Wellek, R., & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Gramedia Pustaka Utama.
- Zezsyazeoviennazabrizkie, Z. (2022). Kita Pergi Hari Ini. Gramedia Pustaka Utama.
References
Agustina, A. A., Agustin, M., & Ahmadi, Y. (2018). Struktur dan Nilai Moral dalam Cerpen Keadilan Karya Putu Wijaya. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 335–342. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i3p%25p.665
Ananda, M. R., & Anggraini, D. (2023). Nilai-Nilai Moral dalam Novel Sagaras Karya Tere Liye dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.33
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Aurelya, S., & Noviana Laurencia. (2023). Analisis Karakter Tokoh Utama Film Wish Dragon: Nilai Moral Konfusianisme. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 760–770. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2611
Cremin, L. A. (1959). John Dewey and the Progressive-Education Movement, 1915-1952. The School Review, 67(2), 160–173. https://doi.org/10.1086/442489
Effendy, Moh. H. (2015). Local Wisdom dalam Tembang Macapat Madura. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(1), 55–72. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.580
Intan, M., Amir, J., & Juanda, J. (2024). Analisis Nilai Pendidikan Moral dalam Novel “Si Anak Pemberani” Karya Tere Liye: Sebuah Pendekatan Richard Eyre. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1320–1334. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3466
Khomairroh, S., Nurwahidin, M., & Sudjarwo. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter pada Lembaga Pendidikan Formal Menurut Kajian Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(12), 2393–2406. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpdsh.v1i12.3793
Lestari, S., & Nabilah, N. (2024). Nilai-Nilai Edukatif pada Cerita Rakyat Ki Ageng Pandanaran: Kajian Sosiologi Sastra. SeBaSa, 7(1), 150–166. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/sbs.v7i1.26655
Lickona, T. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110
Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Arizona State University.
Nadhira, N. A. (2022). Representasi Nilai Moral pada Film Yang Berjudul “Bebas” (Kajian Sosiologi Sastra). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 161–169. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.256
Pratiwi, Y., Andajani, K., Suyitno, I., Ismail, A., & Prastio, B. (2023). Representing and Implementing Moral Values to Foreign Students in Indonesian Textbooks for Learners Other Than Indonesians. International Journal of Language Education, 1(1), 58. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i1.36256
Rachmadi, A., Syafe’i, I., & Amiruddin, A. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Tasawuf dalam Tembang Macapat. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 262–290. https://doi.org/https://doi.org/10.51278/aj.v5i3.918
Rohmah, R. A., Mahdum, M., & Isjoni, I. (2023). Pandangan Filsafat Progresivisme John Dewey pada Pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Kajian Studi Literatur Review. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 194–200. https://doi.org/https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i1.58
Rusdi, M., Idris, M., & Nurmi. (2022). Analisis Nilai Moral dalam Novel Iblis Menggugat Tuhan Karya Shawni. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(2), 475–482. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1814
Santika, D. M., Suparmin, S., & Sudiatmi, T. (2023). Nilai Pendidikan Moral Novel Rantau 1 Muara Untuk Menunjang Tercapainya Pendidikan Karakter Siswa Menghadapi Era Society 5.0. SeBaSa, 6(2), 244–255. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.18057
Wati, M. L. K., Rohman, F., & Yuniawan, T. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes dan Nilai Moral dalam Film Pendek Tilik 2018 Karya Wahyu Agung Prasetya. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 1306–1315. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.3023
Wellek, R., & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Gramedia Pustaka Utama.
Zezsyazeoviennazabrizkie, Z. (2022). Kita Pergi Hari Ini. Gramedia Pustaka Utama.
