Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa sekolah dasar dalam menulis kalimat. Siswa mengalami kebingungan mengembangkan ide menulis dan terbatas dalam menyusun kalimat. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis sederhana siswa di kelas II sekolah dasar dengan menerapkan pendekatan culturally responsive teaching (CRT) berbantuan media flashcard. Penelitian dilakukan di kelas II-B SD Negeri Jambangan I/413 Surabaya yang berjumlah 32 siswa. Penelitian yang dilaksanakan berjenis penelitian tindakan kelas melalui empat alur Kemmis dan McTaggart, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dihimpun melalui lembar hasil belajar serta catatan lapangan. Perolehan hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis sederhana sebesar 45 pada pra tindakan menjadi 63 (siklus I) dan 79 (siklus II). Ketuntasan hasil belajar siswa yang awalnya hanya 9% pada pra tindakan, selanjutnya berturut-turut meningkat menjadi 53% dan 89% pada siklus I dan II. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan culturally responsive teaching berbantuan media flashcard dapat meningkatkan materi keterampilan menulis sederhana siswa pada subjek pelajaran bahasa Indonesia melalui aktivitas pembelajaran berbasis budaya yang menarik, dan adanya dukungan gambar untuk memperkuat pemahaman siswa sebagai bekal menulis.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.