Main Article Content

Abstract

Esai salah satu cara mahasiswa dan guru dalam mewujudkan idenya secara kritis dan ilmiah terhadap permasalahan pembelajarannya. Dalam kenyataannya tidak semua guru dan mahasiswa mampu mengungkapkan gagasan ilmiahnya secara kritis melalui esai. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan gaya retorika penulisan esai mahasiswa dan guru yang ada di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya, yaitu menentukan karya esai dari guru dan mahasiswa melalui penugasan perkuliahan dan pelatihan menulis esai, pengelompokan topik esai, dan pengodean esai untuk dianalisis esainya. Teknik analisis data, yaitu pengodean berdasarkan struktur, kebahasaan, dan isi esai dengan menabulasikannya, menginterpretasikan, dan menarik kesimpulan. Keabsahan dilakukan dengan mengecek dengan tim ahli sebanyak tiga orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya retorika penulisan esai guru frekuensinya lebih terlihat dibandingkan dengan mahasiswa.

Keywords

gaya retorika menulis esai tema pendidikan

Article Details

How to Cite
Arono, Noermanzah, Diani, I., & Wulandari, C. (2024). Perbandingan Gaya Retorika Penulisan Esai Mahasiswa dan Guru. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 11–27. https://doi.org/10.22236/imajeri.v7i1.15694