Main Article Content

Abstract

Asesmen merupakan salah satu bagian krusial sekaligus penentu pelaksanaan pembelajaran selanjutnya. Penerapan asesmen dalam lingkup pembelajaran formal atau non formal dapat berfungsi sebagai alat evaluasi pembelajaran dan pengukur tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kebutuhan asesmen pada pelaksanaan kegiatan literasi dan mendeskripsikan desain pengembangan assessment as learning (AaL) untuk kegiatan literasi di sekolah berbasis pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dilaksanakan sampai tahap analysis dan design untuk mengembangkan desain ‘AaL’ berbantuan media Quizizz. Penelitian ini dilakukan dengan subjek 40 siswa kelas VII dan dua guru pendamping yang melaksanakan kegiatan literasi di MTs Satu Atap Darunnajah. Fokus penelitian yakni (1) desain ‘AaL’ dalam kegiatan literasi. dan (2) penggunaan media Quizizz sebagai media untuk melaksanakan ‘AaL’. Hasil dari penelitian ini berupa desain ‘AaL’ untuk kegiatan literasi dengan memanfaatkan media Quizizz yang dirancang melalui tahap menentukan indikator, menentukan jenis bacaan, menyusun soal, pelaksanaan literasi membaca, pengerjaan soal, dan evaluasi kegiatan. Desain ‘AaL’ tersebut dapat dikembangkan dengan berpedoman pada indikator soal yang didasari taksonomi Barret untuk memaksimalkan pelaksanaan literasi di sekolah berbasis pondok pesantren.

Keywords

asesmen membaca teks satra pembelajaran bahasa

Article Details

How to Cite
Susiati, Agus Basuki, I., & Harsiati, T. (2025). Desain Assessment as Learning Berbantuan Media Quizizz dalam Kegiatan Literasi di MTs . Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 189–199. https://doi.org/10.22236/imajeri.v7i2.15261

References

  1. Aini, Q., M, N., & Basith, A. (2024). Teknik dan Bentuk Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 69–74.
  2. Aini, S. W., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Taksonomi pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(4), 933–948. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.513
  3. Andikayana, D. M., Dantes, N., & Kertih, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92.
  4. Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Onoma, 9(1), 313–325.
  5. Bilharits, R., Sobari, T., & Permana, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Parole, 6(4), 379–384.
  6. Branch, R. M. (2020). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Encyclopedia of Creativity, Invention, Innovation and Entrepreneurship. https://doi.org/10.1007/978-3-319-15347-6_300893
  7. Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
  8. Cipta, N. H., Rokmanah, S., & Suhendi, D. N. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Upaya Dalam Meningkatkan Literasa Bahasa dan Numerasi di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4), 2522–2531. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1892
  9. Dann, R. (2014). Assessment as Learning: Blurring The Boundaries of Assessment and Learning for Theory, Policy and Practice. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 21(2), 149–166. https://doi.org/10.1080/0969594X.2014.898128
  10. Gaol, A. T. B. B. L., Sibarani, R., & Sinulingga, J. (2022). Rekonstruksi Cerita Rakyat Geosite Geopark Toba Humbang Hasundutan Tapanuli Utara: Kajian Tradisi Lisan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 220–230. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.183
  11. Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program PISA. LITERA, 17(1), 90–106.
  12. Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 810–817.
  13. Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
  14. Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885.
  15. Kasmawati, & Malewa, E. S. (2022). Pemanfaatan Media ICT Quizizz dalam Asesmen PAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Educandum, 8(2), 318–329.
  16. Memarian, B., & Doleck, T. (2024). A Review of Assessment for Learning with Artificial Intelligence. Computers in Human Behavior: Artificial Humans, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.chbah.2023.100040
  17. Mujiburrahman, Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019
  18. Munazillah, & Fatihatul, A. (2019). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK), 21–25.
  19. Rahmawati, L. E., & Kalaamiyah, K. (2024). Asesmen Sumatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 123–133.
  20. Ramadhani, K. P., & Ardi, H. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran dan Asesmen pada Materi Bahasa Inggris. Abdi Humaniora, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.24036/abdi-humaniora.v3i1.119559
  21. Rohana, D. A., Maharani, S., & Sunarni, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Quizizz sebagai Media Asesmen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMPN 11 Madiun. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 2155–2167.
  22. Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  23. Schellekens, L. H., Bok, H. G. J., de Jong, L. H., van der Schaaf, M. F., Kremer, W. D. J., & van der Vleuten, C. P. M. (2021). A Scoping Review on the Notions of Assessment as Learning (AaL), Assessment for Learning (AfL), and Assessment of Learning (AoL). Studies in Educational Evaluation, 71, 1–15. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101094
  24. Sudiyanto, S., Kartowagiran, B., & Muhyadi, M. (2015). Pengembangan Model Assessment As Learning Pembelajaran Akuntansi di SMK. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 189–201. https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5579
  25. Syafruddin, S., Sudiana, N., & Bagus, I. (2024). Strategi Peningkatan Keterampilan Membaca dan Asesmen pada Pendidikan Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1469–1472. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3475
  26. Wiguna, M. Z., & Alimin, A. A. (2023). Analisis Struktural pada Cerita Rakyat Pak Aloi Berburu Kijang Sastra Lisan Desa Sungai Bakah Kabupaten Melawi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 388–395. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.3416
  27. Yan, Z. (2022). Student Sel