Main Article Content

Abstract

Keterampilan kolaborasi calon guru Bahasa Indonesia perlu dikembangkan agar dapat menghadapi tantangan di abad ke-21. Melalui kegiatan Lesson Study, dosen melakukan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode project based learning dengan tujuan akhir mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran. Indikator yang digunakan untuk mengenatahui keterampilan kolaborasi calon guru adalah (1) berkontribusi aktif, (2) menunjukkan fleksibilitas dan kompromi untuk mencapai tujuan, (3) menunjukkan sikap menghargai, dan (4) menunjukkan sikap tanggung jawab. Data diperoleh dari catatan hasil observasi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis, diketahui bahwa calon guru Bahasa Indonesia memiliki keteramilan kolaborasi yang tinggi. Diantara 7 kelompok hanya terdapat 1 kelompok yang kurang dalam berkolaborasi. Sehingga penelitian selanjutnya diperlukan metode kuantitiif untuk menujukan prosentase keefektifan kolaborasi. Selain itu, implikasi dari penelitian ini dapat diajadikan panduan penerapan kolaborasi dalam proses pembelajaran.

Keywords

project based learning keterampilan kolaborasi lesson study

Article Details

How to Cite
Fatin, I., Yunianti, S., Ratnaningwati, U., Amilia, F., & Suryani, Y. (2024). Keterampilan Kolaborasi Calon Guru Bahasa Indonesia dalam Proyek Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Lesson Study. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 134–146. https://doi.org/10.22236/imajeri.v6i2.13130