Main Article Content

Abstract

Siswa sering kesulitan menulis teks eksplanasi karena bahan ajar yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk LKS dengan menggunakan macromedia flash pada pembelajaran teks eksplanasi berbasis ekologi yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik di SMPN 3 Penukal Utara. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengolaborasikan model pengembangan Jolly dan Bolitho dan model pengembangan Dick, Carey, dan Carey menjadi delapan langkah, yaitu: (1) identifikasi kebutuhan  bahan ajar, (2) eksplorasi kebutuhan materi, (3) realisasi kontekstual, (4) realisasi pedagogik, (5) produksi bahan ajar, (6) validasi ahli, (7) merevisi pembelajaran, dan (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif. Prototipe LKS hasil pengembangan terdiri dari: halaman mulai, petunjuk penggunaan, materi ajar, KI & KD, Tujuan, Peta Konsep, Materi. Untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efek potensial LKS yang telah dikembangkan, dilakukan uji validasi oleh pakar/ahli dan tiga tahap evaluasi formatif menggunakan angket (kuesioner), wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil validasi, LKS dikategorikan baik atau valid. Berdasarkan uji kepraktisan melalui evaluasi satu-satu dan uji coba kelompok kecil, LKS dikategorikan sangat baik atau sangat praktis. Dari hasil uji coba lapangan melalui pretes dan postes, terdapat peningkatan rata-rata nilai peserta didik sebesar 30,25 sehingga LKS dapat dikategorikan efektif bagi peserta didik.

Keywords

Pengembangan LKS Macromedia Flash Teks Eksplanasi Peserta Didik

Article Details

How to Cite
Ardiansyah, V., Wardarita , R., & Utami, P. I. (2023). Pengembangan LKS dengan Macromedia Flash Pembelajaran Eksplanasi Berbasis Ekologi SMPN 3 PU. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 193–206. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i2.11015