Kecemasan Matematika pada Siswa Kelas 9 SMP Berdasarkan Ada Tidaknya Keikutsertaan Kursus Online pada Pembelajaran Daring di SMPN 141 Jakarta

  • Kharisma UHAMKA
Keywords: bahasa Indonesia

Abstract

Kecemasan matematika dapat menganggu proses pembelajaran dan menimbulkan dampak negatif bagi siswa yaitu dengan menghindar dari hal yang membuat siswa merasa cemas dan juga menghasilkan pembelajaran yang kurang efektif. Penerapan solusi pembelajaran daring menimbulkan rasa cemas terhadap siswa. Kursus online membantu siswa untuk menjadi solusi di masa pandemi COVID-19 karena penggunaanya yang praktis dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui tingkatan kecemasan matematika yang dialami siswa yang mengikuti kursus online dan yang tidak mengikuti kursus online. Metode yang digunakan pada penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan survey untuk mengetahui tingkatan kecemasan matematika siswa kelas 9. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdapat 129 siswa kelas 9 di SMPN 141 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima indikator, indikator yang paling tinggi adalah kegiatan belajar untuk siswa yang mengikuti kursus online  dan siswa yang tidak mengikuti kursus online . Hasil dari penelitian menunjukkan secara keseluruhan kecemasan matematika siswa pada pembelajaran daring termasuk ke dalam kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, Dan Olimpiade Matematka), 1–10.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43

Arifanti, D. R., Raupu, S., & Thalha, S. Z. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Siswa Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 22–33. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.8

Bekdemir, M. (2010). The pre-service teachers’ mathematics anxiety related to depth of negative experiences in mathematics classroom while they were students. Educational Studies in Mathematics, 75(3), 311–328. https://doi.org/10.1007/s10649-010-9260-7

Das, G. C., & Das, R. (2013). Math Anxiety : The Poor Problem Solving Factor in. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(4), 1–5.

Denhere, C. (2015). Casual Attributions of Maths Anxiety Among Zimbabwean Secondary School-Learners. International Journal of Academic Research and Reflection, 3(1), 6–11.

Drijvers, P. (2020). Digital Tools in Dutch Mathematics Education: A Dialectic Relationship. https://doi.org/10.1007/978-3-030-33824-4_10

Fadilah, N. N. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. 2015, 459–467.

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. 6(1), 1–4.

Font Moll, V., Trigueros, M., Badillo, E., & Rubio, N. (2016). Mathematical objects through the lens of two different theoretical perspectives: APOS and OSA. Educational Studies in Mathematics, 91(1), 107–122. https://doi.org/10.1007/s10649-015-9639-6

Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What Mathematics Education May Prepare Students for the Society of the Future? International Journal of Science and Mathematics Education, 15(2017), 105–123. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9814-6

Haryanto, Fatmawati, & Abao, A. S. (2014). Peran Orang Tua dalam Upaya Mencapai Nilai Ketuntasan Anak. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS, 1–16.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia ? Jurnal Manajemen Informatika, 10(April), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1

Hayati, A. F. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Bimbingan Belajar Online. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 79–84.

Hidayat, B. W. (2013). Membangun Bimbingan Belajar Online dengan Menggunakan Metode Scrum.

Irfan, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 143–149. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8779

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.

Karami, R. A. (2018). Aplikasi SMS Gateway Quick Count Pemilu Berbasiskan PHP. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, 4(2), 70. https://doi.org/10.36722/sst.v4i2.261

Karim, A. (2021). Stochastic Block Model Reveals Maps of In Applied Mathematics Studies Using VOS Viewer Stochastic Block Model Reveals Maps of in Applied Mathematics Studies Using VOS Viewer. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 127–142. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6917

Khinanti, M. H., Fisiga, K., & Bhakti, Y. B. (2020). Peran Bimbel Online Pada Pembelajaran Fisika Bagi Siswa Masa Kini. Jambura Physics Journal, 2(2), 74–80. https://doi.org/10.34312/jpj.v2i2.7078

Kramarski, B., Weisse, I., & Kololshi-Minsker, I. (2010). How can self-regulated learning support the problem solving of third-grade students with mathematics anxiety? ZDM - International Journal on Mathematics Education, 42(2), 179–193. https://doi.org/10.1007/s11858-009-0202-8

Lai, C., Shih, T., Ko, W., Tang, H., & Hsueh, P. (2020). International Journal of Antimicrobial Agents Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 ( SARS-CoV-2 ) and coronavirus disease-2019 ( COVID-19 ): The epidemic and the challenges. International Journal of Antimicrobial Agents, 55(3), 105924. https://doi.org/10.1016/j.ijantimicag.2020.105924

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 135–141. https://doi.org/10.1080/00098655.2020.1751480

Mutiah. (2020). Analisis Kecemasan Siswa SMP Negeri 12 Malang Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika.

Nabilah, E., Azhar, E., Purwanto, S. E., & Nabilah, E. (2021). Kecemasan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Modelling Matematika Pada Praktek Kelas Virtual. Internatioinal Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6595

Nurhusain, M., & Hasby, M. (2021). Komunikasi Matematis Siswa SMP: Studi Membangun Diskusi Kelompok yang Efektif Melalui Strategi Student Team Heroic Leadership. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.15

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.

Priyanto, D., & Riyanti, S. (2016). Tingkat dan faktor kecemasan matematika pada siswa sekolah menengah pertama. 4, 1–12.

Ramadhayanti, A. (2018). Analisis Strategi Belajar dengan Metode Bimbel Online terhadap Kemampuan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Inggris dan Pronunciation (Pengucapan/Pelafalan) Berbahasa Remaja saat ini. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3202, 39–52.

Retnawati, E. (2019). Efforts to Support and Expand The Use of Educational Technology as Means of Delivering Learning. International JJournal of Indonesian Education and Teaching, 3(1), 128–136.

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety and How to Reduce it). Pythagoras, 3(2), 75–84.

Shadiq, F. (2007). Apa Dan Mengapa Matematika Begitu Penting? Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika., 4.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., Neill, N. O., Khan, M., Kerwan, A., Al-jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency : A review of the 2019 novel coronavirus ( COVID-19 ). International Journal of Surgery, 76(February), 71–76. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Sommerhoff, D., & Ufer, S. (2019). Acceptance criteria for validating mathematical proofs used by school students, university students, and mathematicians in the context of teaching. ZDM - Mathematics Education, 0(0), 0. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01039-7

Sriraman, B., & English, L. D. (2005). Theories of Mathematics Education: A global survey of theoretical frameworks/trends in mathematics education research. Zdm, 37(6), 450–456. https://doi.org/10.1007/BF02655853

Stevenson, D. L., & Baker, D. P. (1992). Shadow Education and Allocation Formal Schooling: Transition to University in Japan. 97(6).

Strohmaier, A. R., Schiepe-Tiska, A., Chang, Y. P., Müller, F., Lin, F. L., & Reiss, K. M. (2020). Comparing eye movements during mathematical word problem solving in Chinese and German. ZDM - Mathematics Education, 52(1), 45–58. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01080-6

Suciati, I. (2021). Media Permainan “Ular Tangga” pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5

Suren, N., & Ali Kandemir, M. (2020). The effects of mathematics anxiety and motivation on students’ mathematics achievement. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(3), 190–218. https://doi.org/10.46328/IJEMST.V8I3.926

Suren, N., & Kandemir, M. A. (2020). The Effects of Mathematics Anxiety and Motivation on Students’ Mathematics Achievement. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology.

Susilawati, Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID- 19 ’ s Pandemic on the Economy of Indonesia. 1147–1156.

Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives, 1(1), 59–65.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuh, 2(2), 368–388.

Syamsurijal. (2019). Survey Kepuasan Siswa yang Berlangganan Bimbingan Belajar Online Ruang Guru. 2(1).

Syukur, A., Yunus, Y., & Sirajuddin. (2021). Analisa Berpikir Statistis Siswa Berdasarkan Gaya kognitif Visualizer-Verbalizer untuk Kasus Statistik. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.4

Vamvakoussi, X. (2017). Using analogies to facilitate conceptual change in mathematics learning. ZDM - Mathematics Education, 49(4), 497–507. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0857-5

Wheatley, G. H. (1992). The Role of Reflection in Mathematics Learning. 529–541.

WHO. (2020). Novel Coronavirus ( 2019-nCoV ). February.

Yi, H. S., & Na, W. (2020). How are maths-anxious students identified and what are the key predictors of maths anxiety? Insights gained from PISA results for Korean adolescents. Asia Pacific Journal of Education, 40(2), 247–262. https://doi.org/10.1080/02188791.2019.1692782

Zakaria, E., & Nordin, N. M. (2008). The Effects of Mathematics Anxiety on Matriculation Students as Related to Motivation and. 4(1), 27–30.

Published
2021-11-20
How to Cite
Kharisma. (2021). Kecemasan Matematika pada Siswa Kelas 9 SMP Berdasarkan Ada Tidaknya Keikutsertaan Kursus Online pada Pembelajaran Daring di SMPN 141 Jakarta. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(3), 184-197. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i3.7802