Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Kelas VII Pada Materi Bangun Datar Segi Empat

Desi Ayu, Nonik Indrawatiningsih, Zuhrotun Nazihah, Vincent A. Halog

Abstract

The purpose of this study was to describe students' written mathematical communication abilities on quadrilateral material. This research is qualitative descriptive research where the data was collected using the results of written tests and interviews with research subjects consisting of three class VII students from groups of students with different mathematical abilities. Based on the results of the study, S-1 subjects had good written communication skills by fulfilling all written mathematical communication indicators. S-2 subjects can fulfill almost all indicators even though there are errors in the calculations. As well as S-3 subjects having less written mathematical communication skills, S-3 subjects can only meet the indicators of writing down mathematical ideas in writing, which means that S-3 subjects are less able to explain, present, interpret, and evaluate mathematical ideas in writing.


 


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif yang pengambilan datanya menggunakan hasil tes tulis dan wawancara dengan subyek penelitian yang terdiri dari tiga orang siswa kelas VII dari kelompok siswa dengan kemampuan matematika yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, subyek S-1 memiliki kemampuan komunikasi tulis yang baik dengan memenuhi semua indikator komunikasi matematis tulis. Subyek S-2 dapat memenuhi hampir semua indikator meskipun terdapat kesalahan dalam perhitungan. Serta subyek S-3 memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang kurang, subyek S-3 hanya dapat memenuhi indikator menuliskan ide-ide matematis secara tertulis, yang berarti subyek S-3 kurang mampu dalam menjelaskan, menyajikan, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis secara tertulis.

Full text article

Generated from XML file

References

Aisyah. & Rosyada, Amrina. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma Siswa Kelas X SMA Islam Al-Falah Jambi. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika ISSN 2528-3901 Volume 2 Nomor 1 Mei 2017.
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Armiati. 2009. Komunikasi Matematis Dan Kecerdasan Emosional. Makalah di Presentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 5 Desember 2009.
Darkasyi, Muhammad., Johar, Rahman., & Ahmad, Anizar. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika ISSN: 2355-4185 Volume 1 Nomor 1, April 2014.
Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu ISSN: 2088-687X Volume 7 Nomor 1, Juni 2017.
Istikomah, Dhian Arista. 2014. Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif di SMPN 2 Sedayu Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ.
Muhammadiyah Metro ISSN 2442-5419 Vol.3, No.2 (2014) 65-76.
Laksananti, P.M., Setiawan, T.B., & Setiawani, S. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sumbermalang. Kadikma, Vol. 8, No. 1, hal. 88-96, April 2017.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Prayitno, Sudi., Suwarsono, St., & Siswono, T.Y.E. 2013. Indentifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Pada Tiap-Tiap Jenjangnya. KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia, Juni 2013.
Prayitno, Sudi., Suwarsono, St., & Siswono, T.Y.E. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau dari Perbedaan Gender. ISBN: 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 9 November 2013.
Qohar, Abd. 2010. Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SM. Malang: LSM XIX Lomba dan Seminar Matematika.
Ramellan, Purnama., Musdi, Edwin., & Armiati. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 1, 2012.
Roebyanto, Gunawan. 2014. “Geometri, Pengukuran, Dan Statistika”. Malang: Gunung Samudra.
Simamora, Rianita. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar Ta.2016/2017. Journal of Mathematics Education and Science ISSN: 2579-6550 Vol. 2, No. 2. April 2017.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Authors

Desi Ayu
desi.ayu@gmail.com (Primary Contact)
Nonik Indrawatiningsih
Zuhrotun Nazihah
Vincent A. Halog
Ayu, D., Indrawatiningsih, N., Nazihah, Z., & Halog, V. A. (2023). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Kelas VII Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. International Journal of Progressive Mathematics Education, 3(1), 36–50. https://doi.org/10.22236/ijopme.v3i1.7621

Article Details