Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian MBTI Thinking (T) dan Feeling (F)
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki siswa untuk memahami konsep matematika secara mendalam. Namun, hasil PISA 2022 menunjukkan hasil literasi matematika siswa Indonesia masih perlu ditingkatkan, terutama kemampuan siswa dalam menyampaikan ide dan solusi secara jelas dan terstruktur. Temuan awal peneliti menunjukkan adanya perbedaan pola komunikasi matematis tertulis antar siswa, yang diduga dipengaruhi oleh tipe kepribadian. Tipe thinking dan feeling dalam MBTI dinilai relevan karena berpengaruh terhadap cara siswa berpikir, memproses informasi, dan mengomunikasikan pemahaman dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian MBTI thinking (T) dan feeling (F). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI di salah satu sekolah menengah atas di Kota Malang. Dari subjek tersebut dipilih 4 siswa sebagai subjek wawancara, dengan dua siswa mewakili tipe kepribadian MBTI thinking dan dua siswa mewakili tipe kepribadian MBTI feeling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket MBTI, tes soal kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian MBTI thinking cenderung menunjukkan kemampuan komunikasi matematis yang sistematis, logis, dan analitis, baik dalam penggunaan simbol, representasi visual, maupun penulisan solusi. Sementara itu, siswa dengan tipe kepribadian MBTI feeling lebih menonjolkan kepraktisan dan aspek emosional dalam penyampaian ide matematika, serta menunjukkan sensitivitas terhadap tampilan estetis.
Mathematical communication skills are important for students to understand mathematical concepts in depth. However, the 2022 PISA results show that Indonesian students' mathematical literacy still needs to be improved, especially their ability to convey ideas and solutions clearly and structurally. Initial findings by researchers indicate differences in written mathematical communication patterns among students, which are thought to be influenced by personality type. The thinking and feeling types in the MBTI are considered relevant because they influence how students think, process information, and communicate their understanding in solving mathematical problems. This study aims to describe the written mathematical communication skills of high school students in solving mathematical problems from the perspective of MBTI personality types thinking (T) and feeling (F). This study uses a descriptive qualitative approach. The research subjects were 36 eleventh-grade students at a high school in Malang City. From these subjects, four students were selected for interviews, with two students representing the MBTI thinking personality type and two students representing the MBTI feeling personality type. The data collection techniques used were the MBTI questionnaire, a mathematical communication ability test, and interviews. The results of the study indicate that students with MBTI thinking personality types tend to demonstrate systematic, logical, and analytical mathematical communication skills, both in the use of symbols, visual representations, and writing solutions. Meanwhile, students with MBTI feeling personality types emphasize practicality and emotional aspects in conveying mathematical ideas and demonstrate sensitivity to aesthetic presentation.
Full text article
References
Crossref
Aprilia, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika MTs Kelas VIII. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-71. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.276
Crossref
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85-96. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29
Crossref
Choiruzzain, D., & Hartoyo, A. (2024). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Materi Pythagoras Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI). In Jurnal AlphaEuclidEdu (Vol. 5, Issue 1).
https://doi.org/10.26418/ja.v5i1.74542
Crossref
Faizah, K., Sudiana, R., & Fakhrudin, F. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Myer Brigss Type Indicator (MBTI). Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 565-575. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1686
Crossref
Fitri, R., Khariani, & Nuraini. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Statistik Siswa MTs Ditinjau dari Gaya Belajar. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 31-44. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2652
Crossref
Fitria, C., & Siswono, T. Y. E. (2014). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, Dan Phlegmatis). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 23-32.
Fitriyanti, F., Laras, I. S., Khasanah, K., Anita, I. D., & Rahmawati, F. (2021). Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical And Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity And Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 249-259. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.115
Crossref
Hafidhoh, A. Z., Wibowo, T., & Purwoko, R. Y. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Berdasarkan Asesmen Diagnostik Tipe Kepribadian Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 782-786. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1158
Crossref
Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., Pujia, D., & Balkist, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. In PRISMA (Vol. 68, Issue 1). https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Crossref
Jung, C. G. (1923). Psychological types: Or the psychology of individuation (H. G. Baynes, Trans.). Kegan Paul, Trench, Trübner & Co. Ltd. (Original work published 1921)
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1-25. https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf
Khatimah, K., Sa'dijah, C., & Susanto, H. (2017). Pemberian Scaffolding Untuk Mengatasi Hambatan Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 10. https://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/782
Crossref
Maimunah, M., Purwanto, P., Sa'dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 17-30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.17-30
Crossref
Melya, L., & Supriadi, N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Guardian dan Idealist. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 337-345. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Crossref
Mulyo, M. R. G. T., Sari, A. F., & Syarifuddin, A. (2019). Proses Berpikir Siswa Bergaya Kognitif Visualizer dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Non Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 167-178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.544
Crossref
NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
Crossref
Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa'dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927
Crossref
Nurjannah, N., Kaswar, A. B., & Kasim, E. W. (2021). Efektifitas Gamifikasi Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 189-193. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2492
Crossref
Pasehah, A. M., & Firmansyah, D. (2020). 2480-File Utama Naskah-7129-1-10-20191212. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1094-1108.
Rahmawati, D., Hudiono, B., & Nursangaji, A. (2015). Representasi Visual Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Verbal SPLDV Kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1-10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10274
Crossref
Ramalisa, Y. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Tipe Kepribadian Thinking dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 03(April), 42-47. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407
Crossref
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Crossref
Situmorang, J. D., Manik, E., & Simon, M. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Pada Materi Bangun Ruang Kubus Di Smp Negeri 14 Medan. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 367-378.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Sumaji, Sa'Dijah, C., Susiswo, & Sisworo. (2019). Students' problem in communicating mathematical problem solving of Geometry. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012128
Crossref
Sumaji, Sa'Dijah, C., Susiswo, & Sisworo. (2020). Mathematical communication process of junior high school students in solving problems based on APOS theory. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 197-221. https://doi.org/10.17478/jegys.652055
Crossref
Umami, A. N., Kurniati, D., Murtikusuma, R. P., Setiawan, T. B., & Jatmiko, D. D. H. (2023). Berpikir Kritis Siswa Berkepribadian Sensing, Intuition, Thinking Dan Feeling Dalam Menyelesaikan Masalah Dengan Informasi Kontradiksi. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(1), 1-14. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.7341
Crossref
Whardani, F. (2016). Analisis kemampuan komunikasi Matematis Siswa Kelas VII MTS Daarul Hikmah Pamulang pada Materi Segiempat dan Segitiga. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 109017000052, 105.
Widayati, S. W., & Ananda, Y. R. (2017). Mengembangkan Tes Myer Briggs Type Indicator (MBTI) sebagai identifikasi awal untuk layanan konseling karir di SMK Negeri 1 Demak. PROCEEDINGS | INTERNATIONAL CONFERENCE, 217-225. http://ibks.abkin.org
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.