Mengidentifikasi Miskonsepsi Matematika pada Peserta Didik Sekolah Dasar dengan Speech Delay

Siti Napfiah, Era Dewi Kartika, Sri Wahyu Setyaningsih

Abstract

Latar Belakang. Banyak penelitian yang membahas tentang pemahaman konsep matematika dan juga speech delay. Tetapi, belum ada penelitian yang membahas tentang hubungan speech delay dengan pemahaman konsep matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik speech delay. Oleh sebab itu, peneliti fokus mendeskripsikan pemahaman konsep matematika peserta didik speech delay. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Tiga peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar yang mengalami speech delay dijadikan sebagai subjek penelitian ini. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep matematika, wawancara dan observasi peserta didik. Instrumen penelitian dirancang berdasarkan lima indikator pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik speech delay kurang mamahami konsep ukuran dan penggunaan istilah-istilah dalam matematika masih kurang tepat. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik yang mengalami speech delay termasuk kategori yang rendah. Terdapat hubungan yang saling memengaruhi antara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan keterlambatan bicara atau speech delay karena kemampuan bahasa dan komunikasi peserta didik yang kurang baik.


 


Many studies discuss the understanding of mathematical concepts and also speech delay. However, there is no research that discusses the relationship between speech delay and understanding of mathematical concepts. The purpose of this study is to analyze the ability to understand mathematical concepts in speech delay students. Therefore, researchers focus on describing the understanding of mathematical concepts of speech delay students. The research method used is qualitative method. Three students grade two elementary school who experienced speech delay were used as the subjects of this study. The instruments used in this research are test of the ability to understand mathematical concepts, interviews and observation of students. The research instrument was designed based on five indicators of understanding of mathematical concepts. The result of this study indicate that speech delay learners do not understand the concept of size and the use of terms in mathematics is still inappropriate. Based on the results of this study, it is cocluded that the ability to understand mathematical concepts in student who experience speech delay is in the low category. There is mutually influencing relationship between the ability to understand mathematical concepts and speech delay due to the learner’s poor language and communication skills.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar : CV. Syakir Media Press
https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Crossref

Aminah, S., & Ratnawati. (2022). Mengenal Speech Delay sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara pada Anak (Kajian Psikolinguistik). JALADRI: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 8(2).https://doi.org/10.33222/jaladri.v8i2.2260
Crossref

Argawa, A. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64-75. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974
Crossref

Essien, A. A., Mathews, C., Tshesane, H., Weitz, M., Abdulhamid, L., Hoosen, T., & Lavans, L. (2023). Developing design principles to enhance pre-service teachers' understanding of number structure and mathematical equivalence in early grade mathematics. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 27(3), 239-254.
https://doi.org/10.1080/18117295.2023.2216608
Crossref

Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda P. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay pada Anak. Jurnal al-Shifa : Bimbingan Konseling Islam, 1(2).
https://doi.org/10.32678/alshifa.v2i1.4659
Crossref

Fatimah, B., & Ningtias, A. (2025). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi dan Lagu untuk Menanamkan Konsep Bilangan Bulat Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar: Evaluasi Pengaruhnya terhadap Pemahaman Matematika. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i2.11929">Crossref

Gardesten, M., & Palmér, H. (2023). Students' participation in mathematics in inclusive classrooms: a study of the enacted mathematical and relational knowing of teachers. Mathematical Thinking and Learning, 27(2), 157-177.
https://doi.org/10.1080/10986065.2023.2258485
Crossref

Gurmu, F., Tuge, C., & Hunde, A. B. (2024). Effects of GeoGebra-assisted instructional methods on students' conceptual understanding of geometry. Cogent Education, 11(1).
https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2379745
Crossref

Hasbi, M. (2020). Alat Bantu Komunikasi untuk Anak yang Terlambat Bicara. Jakarta : Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hutasuhut, D. H. & Yarshal, D. (2021). Edukasi Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Speach Delay. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(1), 29-31. https://doi.org/10.57251/sin.v1i1.494
Crossref

Jarmita, N. (2015). Kesulitan Pemahamn Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Awal Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 4(2), 1-16. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v4i2.176
Crossref

Khatin-Zadeh, O., Farsani, D., & Yazdani-Fazlabadi, B. (2022). Transforming dis-embodied mathematical representations into embodied representations, and vice versa: a two-way mechanism for understanding mathematics. Cogent Education, 9(1).
https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2154041
Crossref

Kristia, D. & Absori, M. N. (2024). Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Siswa Kelas 7: Materi Aritmetika Sosial: Pendekatan Kualitatif Eksploratif. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i1.8875

Locke, K., Kontorovich, I., & Darragh, L. (2023). Transforming mathematical identity: changes in one international student's positioning during first-year mathematics tutorials. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 54(9), 1785-1803.
https://doi.org/10.1080/0020739X.2023.2259917
Crossref

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134-144. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818

Morgan, C., & Tang, S. (2016). To what extent are students expected to participate in specialised mathematical discourse? Change over time in school mathematics in England. Research in Mathematics Education, 18(2), 142-164. https://doi.org/10.1080/14794802.2016.1174145
Crossref

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Harfa Creative

Ndagijimana, J. B., Mukama, E., Lakin, L., Khan, S., Munyaruhengeri, J. P. A., Dushimimana, J. C., … Mushimiyimana, H. (2024). Contributions of GeoGebra software within the socio-cultural proximity on enhancing students' conceptual understanding of mathematics. Cogent Education, 11(1).https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2436296
https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2436296">Crossref

Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Siswa MTs. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 975-982.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983
Crossref

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499

Puspita, Alvika Candra, et. Al. (2019). Analisis Bahasa Lisan pada Anak Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Usia 5 Tahun. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 15(2), 154-160. 10.15294/lingua.v15i2.17405.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1-8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/4800
https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Crossref

Rahmatiya, R., & Muntazimah, M. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga Berdasarkan Teori Pemecahan Masalah Polya. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(1), 33-43. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i1.8881">Crossref

Sari, R. P. & Nuryani. (2020). Analisis Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Study Kasus Anak Usia 10 Tahun. Konfiks: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 9-15.
https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2963
Crossref

Salsabila, S. R., Yuniarti, R., Purwati, & Mulyadi, S. (2023). Perkembangan Bahasa pada Anak dengan Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay). PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(3), 307-316.
https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15615
Crossref

Sabiroh, N. A. (2024). Strategi Guru dalam Menangani Anak dengan Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Melalui Pendidikan Inklusi di TK Islam Bee. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Sengkey, D. J., Sampoerno, P. D., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahman Konsep Matematis : Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1).https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265
Crossref

Septiyaningtiyas, H. D., Amelia Widyastuti, E., Putra Winata, B., Kurniawan , Z., & Fauziah, M. (2024). Keterlambatan Bicara pada Anak Usia 5 Tahun. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 581-591.https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.801
Crossref

Sharma Chapai, K. P., Joshi, D. R., Singh, A. B., & Khadka, J. (2024). Role of students' academic procrastination in shaping mathematics achievement. Education Inquiry, 1-27. https://doi.org/10.1080/20004508.2024.2418151
Crossref

Shofiah, N. F., Purwaningrum, J. P., & Fakhriyah. F. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Whatsapp. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2683 - 2695.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.907
Crossref

Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual dam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156-170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Susanto, D., Risnita & Jaelani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Crossref

Suhendri, H., & Fadilah, I,. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok. International Journal of Progressive Mathematics Education. 1(2).161-183.https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7308
Crossref

Tegler, H., & Melander Bowden, H. (2024). Aided-speaking students' unsolicited questions in teacher-fronted classroom talk: the use of speech-generating devices to ask questions. Classroom Discourse, 15(4), 374-397.https://doi.org/10.1080/19463014.2024.2322597
Crossref

Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100
https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51
Crossref

Yimam, M., & Dagnew Kelkay, A. (2022). Evaluation of the effects of discourse-based mathematics instruction on eleventh grade students' conceptual and procedural understanding of probability and statistics. Cogent Education, 9(1).
https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.2007742
Crossref

Westley, L. (2024). How might a mastery style of teaching in mathematics lead to deeper understanding and sustained levels of attainment? Education 3-13, 1-14.
https://doi.org/10.1080/03004279.2024.2405023
Crossref

Zhang, W., Li, L., & Disney, L. (2025). How kindergarten teachers in China create conditions for children's mathematics concept learning. Early Years, 1-19. https://doi.org/10.1080/09575146.2025.2499874
Crossref

Authors

Siti Napfiah
Era Dewi Kartika
kartikaeradewi@gmail.com (Primary Contact)
Sri Wahyu Setyaningsih
Napfiah, S., Kartika, E. D., & Setyaningsih, S. W. (2025). Mengidentifikasi Miskonsepsi Matematika pada Peserta Didik Sekolah Dasar dengan Speech Delay. International Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 19–37. https://doi.org/10.22236/ijopme.v5i1.18628

Article Details