Gallery Walk as a Strategy to Increase Student Cooperation and Creativity

Nok Izatul Yazidah, Susi Indrayani, Rochsun

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah geometri. Tujuan penelitian ini akan mendeskripsikan penerapan metode Gallery Walk, sebuah strategi pembelajaran berbasis pameran visual, dalam meningkatkan Kerjasama dan kreativitas siswa. Penelitian Tindakan kelas  (PTK) ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Indikator Kerjasama mencakup interaksi dan partisipasi diskusi, sementara indikator kreativitas meliputi kualitas karya dan keunikan ide. Lembar observasi digunakan untuk mengukur kedua aspek tersebut. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama, Kota Malang, pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi Gallery Walk efektif meningkatkan Kerjasama dan kreativitas siswa. Penelitian ini berkontribusi pada literatur mengenai inovasi metode pembelajaran matematika untuk mengembangkan keterampilan abad ke – 21.  


 


This research is motivated by the lack of understanding and creativity of students in solving geometry problems. The purpose of this study is to describe the application of the Gallery Walk method, a visual exhibition-based learning strategy, in improving student cooperation and creativity. This Classroom Action Research (CAR) uses a qualitative descriptive approach. Cooperation indicators include interaction and discussion participation, while creativity indicators include work quality and uniqueness of ideas. Observation sheets are used to measure both aspects. The subjects of the study were 16 seventh grade students at Junior High School, Malang City, on the material of flat-sided spatial figures. The results of the study concluded that the Gallery Walk strategy was effective in improving student cooperation and creativity. This study contributes to the literature on innovations in mathematics learning methods to develop 21st century skills.

Full text article

Generated from XML file

References

Alwiyah, U., Arsal, A. F., & Rohani, S. (2023). Meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui penerapan metode Gallery Walk di SMP Negeri 18 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 54-61.

Amri, S. (2015). Implementasi pembelajaran aktif dalam kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anjelina, Nurul Ulfatun dan Dita Hendriani. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gallery Walk terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandung Tulungagung. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, 4(1), 125-149. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v4i1.2046
Crossref

Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229-241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318
Crossref

Dengo, Fitri. (2018). Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Tadbir: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (1), 40-52. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/505

Fitriani, et al. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Gallery Walk pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 88-95.https://doi.org/10.31332/jpi.v1i2.2272
Crossref

Gagliani Caputo, S., Branchetti, L., & Cusi, A. (2025). Intertwining students' social modes of co-construction and epistemic aspects of algebraic thinking in asynchronous mathematical discussions. Educational Studies in Mathematics, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10649-025-10395-z
Crossref

Haryono. (2017). Penelitian tindakan kelas model kolaboratif dan peningkatan kemampuan profesional guru. Artikel. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Program Pascasarjana UNNES.

Hatimakausarina, N., Jayanti, M. I., & Nurfathurrahmah, N. (2022). Penerapan metode Gallery Walk terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al-Faat Bara tahun pelajaran 2022/2023. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia.

Hudriani, E. (2019). Analisis keterampilan berkomunikasi siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada materi hidrokarbon dan minyak bumi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Imara, Yuli Habibatul. (2021). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 175-184. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/63

Insani, N. N., & Sapriya. (2020). The effectiveness of Gallery Walk cooperative learning to enhance students' intellectual skill. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.041
Crossref

Kadariah, Kusmaladewi, & Hasmiah. (2020). Faktor kesulitan guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan kurikulum, struktur materi, sarana dan prasarana, dan alokasi waktu. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(2), 15-20. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14410
Crossref

Kurniasih, N. (2019). Penerapan model pembelajaran Gallery Walk untuk meningkatkan kreativitas peserta didik di kelas IV MI El-Ziyan pada mata pelajaran IPS. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45322?mode=full

Kristia, D., & Absori, M. N. (2024). Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Siswa Kelas VII : Materi Aritmetika Sosial : Pendekatan Kualitatif Eksploratif. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i1.8875
Crossref

Layar, O. Joycen & Castillo, A. Arlene. (2024). Exploring the Efficacy of Gallery Walk as a Learning Technique on the Performance in Mathematics of Grade 9 Student. Internasional Journal of Science and Management Studies (IJSMS), 7(3), 297-300. https://doi.org/10.51386/25815946/ijsms-v7i3p120
Crossref

Listiyani, Dwi Hastuti. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Kelas VIII dengan Strategi Gallery Walk dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Tepus. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 24-30. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i2.722
Crossref

Maisari, D., Suyadi, G., & Asnawati, R. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap pemahaman konsep matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 1(1).

Makramalla, M., Coles, A., le Roux, K., & Wagner, D. (2025). Mathematics education for sustainable futures: a strengths-based survey of the field to invite further research action. Educational Studies in Mathematics, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10649-025-10389-x
Crossref

Mardhiyah, H. N. (2021). Implementasi metode Gallery Walk dalam meningkatkan keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Skripsi. Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/6976/1/SKRIPSI%20HASANAH.pdf

Mel, S. (1996). Active learning: 101 strategies to teach any subject. Temple University, Needham Heights, Massachusetts.

Ridwan, M. (2019). GALLERY WALK; An Alternative Learning Strategy in Increasing Students' Active Learning. Nady Al-Adab, 16(1), 49. https://doi.org/10.20956/jna.v16i1.6662
Crossref

Santiasi, Ilo, Nurjannah & Mida Pakiding. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 2 SDN 10 Palu melalui Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Menggunakan Media Konkret. PTK Jurnal Tindakan Kelas Vol. 5 No.2(2025). https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.535
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i2.535">Crossref

Saputri, Rizky Novia, Patmisari & Sri Hastuti. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Menggunakan Gallery Walk. PTK Jurnal Tindakan Kelas Vol. 4 No.2(2024). https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.389
Crossref

Sarwanti, S. (2020). Gallery Walk+Peer Talk in Language Testing and Assessment: Students' Perspectives. Journal of Languages and Language Teaching, 8(1), 1. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i1.221
Crossref

Singkorn, S., Klinbumrung, K., & Akatimagool, S. (2022). Development of Innovation-Based Learning and Teaching Model for Technology Education in Thailand 4.0 Era. 7th International STEM Education Conference, ISTEM-Ed 2022. https://doi.org/10.1109/iSTEM-Ed55321.2022.992079
Crossref

Sukiman, Fakhriah. (2022). Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Al Kulliyatu Al Khamsahdi Kelas X SMK Teknologi Muhammadiyah Limboto. Al-Minhaj: Jurnal Pendiidkan Islam, 5 (2), 317-327. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5365

Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). Penggunaan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74-79. https://doi.org/10.35724/mjme.v1i2.1376
Crossref

Syahputra, D. (2023). Definisi, strategi, dan indikator pembelajaran aktif. Cakrawala Ilmu, 33.

Tatik. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Teknik Debat. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 4(2), 97-101. https://doi.org/10.30599/jemari.v4i2.1601
Crossref

Vale, I., & Barbosa, A. (2021). Promoting mathematical knowledge and skills in a mathematical classroom using a Gallery Walk. International Journal of Research in Education and Science, 7(4), 1211-1225. https://doi.org/10.46328/ijres.2417
Crossref

Wisudawati, Asih Widi dan Sulistyowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Yani, M., Abdi, A. W., & Harun, M.Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xb SMA Negeri 7 Takengo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 2(2). https://jim.usk.ac.id/geografi/article/view/5191

Authors

Nok Izatul Yazidah
izatulyazidah@gmail.com (Primary Contact)
Susi Indrayani
Rochsun
Yazidah, N. I., Indrayani, S., & Rochsun. (2025). Gallery Walk as a Strategy to Increase Student Cooperation and Creativity. International Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 91–108. https://doi.org/10.22236/ijopme.v5i1.18618

Article Details