Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Mathematical Problem Solving
Abstract
Penelitian yang berjudul “Pendekatan Scientific berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Mathematical Problem Solving”, dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya dalam Mata Kuliah Kalkulus 1. Penelitian ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti hasil penelitian sebelumnya yang peneliti lakukan di program studi Pendidikan Matematika mengenai gaya belajar. Penelitian yang penulis lakukan mengenai pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dengan berbantuan software geogebra pada mata kuliah Kalkulus 1. Penelitian ini menggunakan Mix Method dengan sampel terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen 1 menggunakan pendekatan scientific berbantuan geogebra dan kelas eksperimen 2 menggunakan pendekatan scientific tidak berbantuan software geogebra. Instrumen yang digunakan Soal Tes Mathematical Problem Solving, Lembar Observasi, dan Software Geogebra. Hasil Postest menunjukkan peningkatan gain ternormalisasi kelas eksperimen 1 lebih baik kelas eksperimen 2. Hasil penelitian ini menghasilkan luaran yang berupa buku ajar yang digunakan dan jurnal yang dipublikasikan.
Full text article
References
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. Tersedia: www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. [7 Maret 2015].
Hohenwarter, M., et al. 2008. Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic
Mathematics Software GeoGebra. TSG 16: Research and development in the teaching and learning of calculus ICME 11, Monterrey, Mexico 2008.
Kaur, B. et al. (2009). Mathematical Problem Solving Yearbook 2009, Association of Mathematics Educator. World Scientific Publishing Co. Ptc. Ltd.
Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK Matematika.
Mugisha, S. (2012). An Investigation Into Problem Solving Skills In Calculus : The Case of Unisa First Year Students. Disertasi.University Of South Africa. Afrika Selatan : Tidak diterbitkan.
Papp-Varga Zsuzsanna. (2009). INTERAKTÍV MATEMATIKA MINDENKINEK GEOGEBRA MÓDRA.
Tersedia : https:// www.mmo.njszt.hu/.../2009/.../Papp-Varga_Zs_GeoGebra.pdf
Polya, G. (1973). How To Solve It : A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey : Princenton University Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Wardani, S. (2008). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi Doktor pada PPS UPI : Tidak diterbitkan.
Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.