Penyusunan Rencana Strategis Bisnis pada Rumah Sakit Swasta di Jakarta
Abstract
Rencana strategis bisnis adalah sebuah petunjuk/pedoman yang dapat digunakan organisasi dari kondisi
saat ini untuk mencapai tujuan usaha dalam waktu beberapa tahun ke depan. Rencana strategis bisnis
memuat strategi-strategi perusahaan yang selanjutnya menjadi dasar bagi penyusunan program kerja.
Dengan demikian arah pengembangan perusahaan menjadi jelas dan terarah sehingga perusahaan
menghasilkan kinerja yang lebih baik dan mampu bersaing di dalam bisnis serupa. Penelitian rencana
strategis bisnis merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Melalui kerangka kerja analisis
perumusan strategi Fred R. David, maka terdapat tiga (3) tahapan yang dilakukan. Tahap pertama adalah
tahap input stage, yaitu melakukan analisis faktor eksternal dan internal dengan menggunakan matriks
EFE (external factor evaluation) dan matriks IFE (internal factor evaluation). Tahap kedua adalah tahap
matching stage, yaitu menentukan posisi rumah sakit dengan menggunakan matriks IE (Internal External).
Kemudian dengan matriks IE dan matriks TOWS menentukan strategi alternatif yang dapat dilakukan.
Tahap ketiga adalah tahap decision stage, yaitu menentukan strategi prioritas dengan menggunakan matriks
QSPM (Quantitatif Strategic Planning Matrix). Penelitian tentang rencana strategis bisnis yang dilakukan
di RSIA SMBmenghasilkan skor EFE sebesar 3.8 dan skor IFE sebesar 2.725, sehingga diketahui posisi
RSIA SMB berada pada sel II yang menunjukkan tahap tumbuh dan membangun. Pada tahap ini strategi
alternatif yang dikembangkan adalah market penetration, market development dan product development.
Strategi prioritas yang dihasilkan adalah : 1) Pengembangan dan Penetrasi Pasar dengan Meningkatkan
Upaya-Upaya Pemasaran (Skor 7.15); 2) Pembukaan Ruang NICU/PICU (Skor 7.10); 3) Pengembangan
Ruang Rawat Inap (Skor 7.05); 4): Penambahan Layanan Radiologi (Skor 6.55); 5) Pengembangan Area
Parkir dan Akses Masuk (Skor 4.68)