Peran Peer Educator dalam Intervensi Pemberian Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri

Vindi Chandra, Sarah Handayani , Nurul Huriah Astuti

Abstract

ABSTRAK


Hasil rekapitulasi data kesehatan pelajar Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor sebanyak 921 remaja putri mengalami anemia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan intervensi dan pengaruh kelompok kontrol, leaflet, dan video terhadap variabel pengetahuan, sikap dan niat dengan pendekatan peer educator terhadap kepatuhan remaja putri dalam mengonsumsi tablet tambah darah di SMA Negeri 1 Cigombong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini sebanyak 389 remaja putri, sampel penelitian ini sebanyak 45 responden dengan rumus sampel Slovin. Analisis yang digunakan yaitu Uji Anova & Paired T-Test, dengan teknik Purposive Sampling. Alat penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh signifikan pada kelompok intervensi leaflet dan video terhadap variabel pengetahuan, sikap, niat, dan kepatuhan (P-Value < 0.05), namun pada kelompok kontrol tidak bepengaruh secara signifikan terhadap semua variabel. Hasil uji Anova menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan (P-Value < 0,05) terhadap variabel pengetahuan, sikap, niat, dan kepatuhan antara kelompok kontrol dengan kelompok leaflet, kelompok kontrol dengan kelompok video, kelompok video dan kelompok leaflet.


Kata kunci: Intervensi, Tablet tambah darah, Peer educator

Full text article

Generated from XML file

Authors

Vindi Chandra
Vindikrisna9@gmail.com (Primary Contact)
Sarah Handayani
Nurul Huriah Astuti
Chandra, V., Handayani , S., & Astuti, N. H. (2024). Peran Peer Educator dalam Intervensi Pemberian Tablet Tambah Darah untuk Remaja Putri. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 9(1), 26–32. https://doi.org/10.22236/arkesmas.v9i1.12806
Copyright and license info is not available

Article Details

Most read articles by the same author(s)