Main Article Content

Abstract

Background: Minat baca yang kuat merupakan pondasi penting dalam pembentukan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan literasi pada anak-anak. Namun, dalam era digital dan serbanya hiburan modern, minat baca sering kali mengalami penurunan. Dengan diadakannya program ini, diharapkan dapat memberikan program bimbel literasi yang efektif dalam membangun minat baca yang berkesinambungan Metode: Yang menjadi sasaran dalam pengabdian ini adalah 60 siswa yang tersebar di kelas 1, 2 dan 3 SD Negeri Pulau Pari 01 Pagi. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan literasi bagi anak-anak. Hasil: Para siswa memiliki semangat literasi yang tinggi namun kurang terciptanya lingkungan membaca yang menarik di sekolah maupun di masyarakat. Menciptakan lingkungan baca yang merangsang dan menarik bagi peserta didik dapat dilakukan dengan menyediakan koleksi buku yang beragam dan sesuai dengan minat dan usia peserta didik. Evaluasi yang terencana dan terstruktur dapat membantu mengidentifikasi keberhasilan program serta area yang perlu ditingkatkan untuk mencapai investasi yang berkelanjutan dalam membangun minat baca. Kesimpulan: Dengan menerapkan strategi yang tepat serta melakukan evaluasi yang berkala, program bimbel literasi dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk generasi yang gemar membaca dan memiliki keterampilan literasi yang kuat.

Keywords

Bimbel Literasi Keterampilan Literasi Minat Baca

Article Details

How to Cite
Nursahid, S. M., Widayanti, A., & Johan, J. (2024). Membangun Minat Baca Melalui Program Bimbel Literasi: Investasi yang Berkelanjutan di RT 02 Pulau Pari. AbdimasMu, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.22236/adm.v1i1.15542

References

  1. Aulia, W. P., & Hadiapurwa, A. (2023). Pengaruh Pendidikan Non-Formal Bimbel (Bimbingan Belajar) Terhadap Minat Literasi Anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 192-196. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2049
  2. Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1-13.
  3. Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Anzora, A., ... & Maulida, M. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Unaya, 3(2), 37-41.
  4. Fajar, R. P. A. L., Wiguna, A. C., Oktari, D., & De Eloisa Tobing, J. A. (2022). Problematika Literasi Membaca Pada Generasi Penerus Bangsa Dalam Menghadapi Abad 21. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1478-1489.
  5. Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
  6. Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66-70. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485
  7. Kanusta, M. (2021). Gerakan Literasi dan Minat Baca. CV. Azka
  8. Nirmala, S. D. (2022). Problematika rendahnya kemampuan literasi siswa di sekolah dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393-402.
  9. Noer, U. (2022). Buku Literasi Digital dan Mobile Learning.
  10. Rahmawati, R. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 158-168. http://dx.doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32593
  11. Saputri, K., & Nurhaidah, N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh. Elementary Education Research, 2(2).
  12. Shofiyuddin, M., Tuzzakiyah, F., Barokah, K. F., Rindiani, D. A., Failasifa, G. S., Rifqia, R. N., & Zulfahmi, M. N. (2021). Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Pojok Baca Purnama Desa Gemulung Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 58-63.
  13. Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
  14. Pakpahan, C., Baene, V. A., Ndruru, A. J. A., Ndruru, F. K., Lase, L. M., Buulele, K., & Nduru, R. S. P. (2023). Bimbingan Belajar Gratis Guna Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Pada Siswa/I Sd Swasta Tri Sakti Lubuk Pakam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 5972-5976.
  15. Pangaribuan, J. J., & Ginting, F. Y. A. (2022). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Pada Para Siswa Berbasis Bimbel (Bimbingan Belajar). Jurnal Abdimas Maduma, 1(1), 17-22. https://doi.org/10.52622/jam.v1i1.64
  16. Putri, N. I., Gaudi, M., Ramadhanti, N., & Kamil, F. (2019, December). Pendirian Taman Baca Masyarakat Di RT 01/17 Kp. Rawa Lele Kelurahan Jombang Ciputat Kota Tangerang Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
  17. Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2019). Menggerakkan Literasi Baca-Tulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2).