Main Article Content

Abstract

Background: Minat baca yang kuat merupakan pondasi penting dalam pembentukan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan literasi pada anak-anak. Namun, dalam era digital dan serbanya hiburan modern, minat baca sering kali mengalami penurunan. Dengan diadakannya program ini, diharapkan dapat memberikan program bimbel literasi yang efektif dalam membangun minat baca yang berkesinambungan Metode: Yang menjadi sasaran dalam pengabdian ini adalah 60 siswa yang tersebar di kelas 1, 2 dan 3 SD Negeri Pulau Pari 01 Pagi. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan literasi bagi anak-anak. Hasil: Para siswa memiliki semangat literasi yang tinggi namun kurang terciptanya lingkungan membaca yang menarik di sekolah maupun di masyarakat. Menciptakan lingkungan baca yang merangsang dan menarik bagi peserta didik dapat dilakukan dengan menyediakan koleksi buku yang beragam dan sesuai dengan minat dan usia peserta didik. Evaluasi yang terencana dan terstruktur dapat membantu mengidentifikasi keberhasilan program serta area yang perlu ditingkatkan untuk mencapai investasi yang berkelanjutan dalam membangun minat baca. Kesimpulan: Dengan menerapkan strategi yang tepat serta melakukan evaluasi yang berkala, program bimbel literasi dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk generasi yang gemar membaca dan memiliki keterampilan literasi yang kuat.

Keywords

Bimbel Literasi Keterampilan Literasi Minat Baca

Article Details

How to Cite
Nursahid, S. M., Widayanti, A., & Johan, J. (2024). Membangun Minat Baca Melalui Program Bimbel Literasi: Investasi yang Berkelanjutan di RT 02 Pulau Pari. AbdimasMu, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.22236/adm.v1i1.15542

References

Read More