Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis strategi dan penanganan guru PAI dalam menangani kesulitan Baca Tulis Qur’an (BTQ) terhadap peserta didik di PULAU SERIBU Jakarta. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Lapangan untuk meninjau masalah yang muncul pada pembelajaran PAI dan untuk melihat perkembangan dan peningkatan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an yang menjadi kesulitan guru PAI saat pembelajaran PAI di PULAU SERIBU di Jakarta. Instrumen pengumpulan data berbentuk kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap salah satu guru PAI dan DKM Masjid yang mebimbing. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Diketahui bahwa masih rendahnya kemampuan peserta didik dalam Baca Tulis Qur’an (BTQ). 2. Strategi pembelajaran yang Guru PAI gunakan untuk menangani kesulitan BTQ Terhadap peserta didik yaitu dengan menggunakan metode tutor sebaya (peer teaching), metode Iqra dan metode Qiraati. 3. Tahap yang dilakukan guru PAI saat melakukan penelitian dalam menangani kesulitan BTQ ini yaitu dengan menganalisis kemampuan membaca dan menulis Al[1]quran peserta didik kemudian memetakan mereka sesuai dengan kelompok yang sudah mahir dan belum mahir BTQ, kemudian guru menerapkan tutor sebaya, metode iqra dan metode qiraati secara bertahap selama 6 bulan hingga peserta didik mampu untuk meningkatkan kemampuannya
Keywords
Article Details
References
- Fauzan, Ahmad Hasyim. 2015. “Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran.” Ar-Risalah VIII (1): 22.
- Hamid, Abdul. 2017. “Guru Profesional.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 17(2): 274–85.
- Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan MembacaAlquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906
- Ismail. 2015. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Pembelajaran.” Mudarrisuna 4: 704–19.
- Neliwati, N., Sipahutar, N., Hafiz, S. R., & Muliadi, M. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Baca Tulis Al Qur’an di Sekolah UPT SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1028– 1036. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1638
- Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
- Syaifulla, M., Tahria, F., Yasir, M., Fadillah, N., & Nurhalizah, S. (2022). Strategi Guru Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an sesuai Hukum Tajwid Siswa Kelas VI MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 552
- Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
References
Fauzan, Ahmad Hasyim. 2015. “Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (Btq) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran.” Ar-Risalah VIII (1): 22.
Hamid, Abdul. 2017. “Guru Profesional.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 17(2): 274–85.
Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan MembacaAlquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906
Ismail. 2015. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Pembelajaran.” Mudarrisuna 4: 704–19.
Neliwati, N., Sipahutar, N., Hafiz, S. R., & Muliadi, M. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Baca Tulis Al Qur’an di Sekolah UPT SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1028– 1036. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1638
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Syaifulla, M., Tahria, F., Yasir, M., Fadillah, N., & Nurhalizah, S. (2022). Strategi Guru Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an sesuai Hukum Tajwid Siswa Kelas VI MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 552
Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380