Main Article Content
Abstract
Makalah ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media meme dalam pembelajaran Nihonshi. Pembelajaran Nihonshi yang membutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran dikarenakan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam mengolah media belajar yang kemudian membuat mahasiswa kesulitan dalam mengingat materi sehingga penulis memutuskan untuk melakukan penelitian penggunaan meme sebagai media pendukung dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Nihonshi di semester 113 sebanyak 21 orang dan menggunakan metode observasi langsung di dalam perkuliahan dan melalui pre-test dan post-test selama lima pertemuan. Berdasarkan hasil kuesioner sebagai langkah penelitian awal diketahui bahwa media meme dalam pembelajaran merupakan hal baru yang lumayan disukai oleh para mahasiswa yang notabene masih remaja. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 71.9% dari seluruh mahasiswa setuju bahwa 19 meme yang digunakan cocok sebagai media pembelajaran. Dari hasil pre-test dan post-test juga terlihat peningkatan skor rerata mahasiswa dari 30.6% menjadi 37.4% setelah menggunakan media pendukung meme.