Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media alternatif dalam pembelajaran Bunpou. Peran pendidikan guna mengurangi transmisi wabah Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia salah satunya ialah dengan menggantikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun dalam pelaksanaannya masih banyak ditemukan kendala yang terjadi. Survei pra penelitian yang dilakukan pada mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Negeri Jakarta menyatakan bahwa mengalami kendala pada pembelajaran bunpou yang disebabkan oleh; jaringan internet yang buruk dan keterbatasan kuota pada saat video konferensi berlangsung; kondisi rumah yang tidak mendukung pembelajaran melalui video konferensi; kurang optimalnya proses pemberian dan penerimaan materi perkuliahan; materi pada buku cetak tidak dapat menjadi bahan ajar mandiri. Nojima (2006) membagi e-learning ke dalam dua kategori, asynchronous dan synchronous e-learning. Asynchronous E-learning disampaikan melalui internet dengan bentuk penyampaian materi yang bersifat on demand atau sesuai permintaan. Sedangkan, pembelajaran yang sudah diterapkan dikenal dengan synchronous e-learning merupakan pembelajaran yang dilengkapi dengan satelit komunikasi dan video konferensi. Dalam mengatasi kendala yang terjadi pada pembelajaran digital sinkron dapat digunakan alternatif pembelajaran asinkron. Dalam hal ini,  media pembelajaran berbasis website JTEST4YOU merupakan variabel yang akan diteliti berdasarkan kategori yang paling banyak digunakan oleh informan. Guna mengetahui kualitas dan kelebihan JTEST4YOU sebagai media pendukung pembelajaran digital bunpou, sebuah survei online didistribusikan kepada mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Negeri Jakarta. Survei tersebut terdiri dari kuisioner dan wawancara, serta menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JTEST4YOU kapabel untuk dijadikan media pendukung pembelajaran bunpou berdasarkan analisis usability, information, dan service interaction. Kemudahan untuk mengakses kapanpun dan di manapun dengan biaya internet terjangkau; Memiliki tampilan penyajian materi yang sederhana; Materi yang disajikan relevan dengan materi perkuliahan; Memiliki contoh kalimat terbaharui yang memotivasi mahasiswa untuk memahami materi lebih dalam; Tersedianya fitur latihan soal guna mengevaluasi pemahaman mahasiswa merupakan kelebihan  JTEST4YOU.

Keywords

Asynchronous E-learning COVID-19 Website Kualitas

Article Details

How to Cite
Meliyanti, N., Philiyanti, F., & Rahayu, P. (2022). JTEST4YOU : Media Alternatif Permasalahan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bunpou di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Bahasa Jepang Taiyou, 3(2), 28–41. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/taiyou/article/view/10449