Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang metode diskusi kelompok dalam pemahaman membaca (dokkai) dalam bahasa Jepang pada mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Jakarta Tahun Ajaran 2020-2021. Pembelajaran Dokkai mengarah pada pemahaman keterampilan membaca dan menyimak secara integratif sesuai tingkatan levelnya. Dalam wacana-wacana Bahasa Jepang terdapat unsur kalimat seperti, penggunaan tiga jenis huruf, yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji, unsur Pola kalimat (Bunpo), dan unsur Kosakata (Goi). Ketiga unsur tersebut tentu saja berbeda dengan wacana Bahasa Indonesia. Sehingga membuat mahasiswa kesulitan dalam memahami bacaan. Metode Diskusi Kelompok juga sangat membantu peserta didik untuk tampil berani di dalam kelompoknya maupun di depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya dalam tiap kelompok. Adapun tujuannya untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Diskusi Kelompok terhadap kemampuan Pemahaman Membaca (Dokkai). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Adapun sampel dan sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA. Hasil analisis uji normalitas data output SPSS 25, dapat diketahui bahwa nilai mean (rata-rata) pretest adalah 72.64 sedangkan untuk posttest memiliki nilai rata-rata 77.07 dan hasil output tabel SPSS, nilai sig. yang digunakan adalah menggunakan Shapiro-Wilk dengan nilai sig. Pretest 0.012 dan nilai Posttest 0.103 hal ini membuktikan bahwa hanya ada salah satu data yang berdistribusi normal yakni data tersebut > 0.05. Berdasarkan hasil analisis data dari uji Mann Whitney dapat disimpulkan bahwa 0.018 < 0.05 dengan demikian dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Dapat diketahui bahwa mayoritas mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA Tahun Ajaran 2020-2021 dengan total 43.2% menjawab setuju untuk metode diskusi terhadap mata kuliah dokkai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok terhadap pemahaman membaca dapat meningkat dengan kelancaran membaca pada mata kuliah dokkai dapat digunakan.

Article Details

How to Cite
Utari, R., & Sofyan, T. A. (2022). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca (Dokkai). Jurnal Bahasa Jepang Taiyou, 2(2), 37–47. https://doi.org/10.22236/taiyou.v2i02.8243