Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode TPR (Total Physical Response) terhadap Penguasaan Kata Kerja (doushi) Bahasa Jepang Kelas XI SMAN 19 Kab.Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true experimental design dengan bentuk posttest only control group design. Hasil perhitungan uji independent sample t-test bahwa rata-rata kemampuan penguasaan kata kerja bahasa Jepang antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan secara signifikan. Pada hasil uji ketuntasan individu diperoleh thitung (11,068)>ttabel (1,697), disimpulkan bahwa siswa yang menggunakan metode Total Physical Response mendapat nilai rata-rata tes penguasan kata kerja >70, sedangkan uji ketuntasan klasikal diperoleh Zhitung (1,93)>Ztabel(1,64), disimpulkan bahwa siswa yang memenuhi KKM secara klasikal berjumlah lebih dari 80%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dikatakan bahwa metode TPR (Total physical response) efektif terhadap penguasaan kata kerja (doushi) bahasa Jepang. Berdasarkan hasil angket, metode TPR (Total physical response) yaitu menyenangkan, siswa menjadi lebih aktif, membantu siswa mengingat, dan meningkatkan penguasaan kata kerja Bahasa Jepang.