Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Salah satu komplikasi mikrovaskular dari diabetes yaitu nefropati diabetik. Penderita nefropati diabetik yang menjalani hemodialisis membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan kepatuhan dalam mengobati komorbid yang mendasarinya. Hal ini akan memberikan stresor baik fisiologis maupun psikologis penderita yang akan mempengaruhi kualitas hidup. Tujuan penelitian ini menentukan korelasi antara lamanya menjalani terapi hemodialisis pada penderita nefropatik diabetik dengan kualitas hidup di RS Dinda Tangerang.


Metode: metode penelitian menggunakan analisis parametrik dengan metode pendekatan non parametrik. sampel penelitian ini menggunakan consecutive sampling yang melibatkan 40 penderita nefropati diabetik. data di analisis menggunakan korelasi spearman. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner KDQOL SF 1.3.


Hasil: berdasarkan hasil penelitian didapatkan 23 penderita 57.5% yang menjalani hemodialisis 1- 3 tahun  dan 6 di antara nya penderita yang memiliki kualitas hidup kurang sebanyak 2 orang, dan yang memiliki kualitas hidup cukup  sebanyak 2 orang serta sebanyak  15 orang lainya memiliki kualitas hidup baik.


Simpulan: kesimpulan penelitian ini terdapat korelasi yang bermakna p=0,043 antara lama menjalani hemodialisis dengan kualitas hidup dengan nilai (r): 0.309 yang mana mengarah ke arah positif sehingga ketika penderita telah lama melakukan terapi hemodialisis maka semakin baik kualitas hidup dari penderita.

Keywords

Nefropati Diabetik Hemodialisis Kualitas Hidup

Article Details

How to Cite
Nugraha, D., Hasan, F., Gunawandjati, D., Purwowiyoto, S. L., Stujana, E. N., & Hidayat, A. (2023). Korelasi Lama Menjalani Hemodialisis Dengan Kualitas Hidup Pada Penderita Nefropati Diabetik Di RS Dinda Tangerang Dalam Periode 3 Tahun. Sanus Medical Journal, 5(1), 24–29. https://doi.org/10.22236/sanus.v5i1.9601